BKN Minta Prosedur Rekrutmen CPNS Diperketat, Ini Alasannya

BKN Minta Prosedur Rekrutmen CPNS Diperketat, Ini Alasannya
PNS. pdk.org
EKONOMI | 27 Desember 2021 15:35 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana meminta agar prosedur pelaksanaan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara atau CASN, baik dari aspek sistem teknologi, infrastruktur, SDM, dan proses bisnis perlu diperketat lagi.

"Kita kerap mengabaikan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang terkesan sepele, padahal meskipun kecil tetapi jika diabaikan maka itu bisa menjadi celah permasalahan," terangnya dalam acara Evaluasi Pelaksanaan Seleksi CASN 2021, ditulis Senin (26/12).

Berkaca dari pengalaman pelaksanaan seleksi tahun ini, Bima menyebutkan pada setiap penyelenggaraan seleksi, adanya orang luar atau siapa pun yang mencoba melakukan hal-hal yang menghalangi transparansi sistem seleksi berpotensi muncul.

Untuk itu menurutnya, pihak penyelenggara baik BKN dan seluruh Instansi yang terlibat, termasuk petugas seleksi di lapangan memegang peranan penting dalam menjaga transparansi proses seleksi.

Bima menekankan, bahwa komitmen menjalankan prosedur seleksi sekecil apapun oleh semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan seleksi menjadi faktor penentu. Pada kesempatan itu, Bima mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan seleksi CASN Tahun 2021.

Kepala Pusat Pengembangan Sistem Seleksi BKN, Mohammad Ridwan menuturkan, pelaksanaan seleksi CASN merupakan kerja sama banyak pihak, baik instansi yang tergabung dalam Panselnas maupun instansi penyelenggara seleksi. Kolaborasi banyak pihak ini menurutnya tidak lain bertujuan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pelaksanaan seleksi.

Untuk penyelenggaraan seleksi CASN 2021, Ridwan menyampaikan terhitung terdapat 247 Koordinator Seleksi, 452 Petugas IT dan 786 Tim Pengawas yang diterjunkan ke lapangan. Ia juga menyayangkan adanya temuan kasus kecurangan seleksi pada tahun ini. Menurutnya kejadian tersebut menjadi masukan untuk meningkatkan kualitas seleksi ASN ke depan. (mdk/azz)

Baca juga:
4.558 Peserta Lolos Tes CPNS Kemenkumham, Begini Cara Cek Nama yang Diterima
Hasil CPNS 2021 Diumumkan Hari Ini
BNN Lakukan Tes Urine Acak ke ASN di Tulungagung, Temukan Ini
Bos Pajak Jamin Penyandang Disabilitas Punya Kesempatan Jadi CPNS
Seleksi Kompetensi II Guru ASN-PPPK 2021 Diundur jadi 7 Desember
Begini Cara Cetak Kartu Ujian Seleksi PPPK Guru Tahap II

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami