BKPM Daerah Diminta Manfaatkan Teknologi Tingkatkan Investasi

UANG | 15 Maret 2019 16:08 Reporter : Siti Nur Azzura

Merdeka.com - Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal BKPM Farah Ratnadewi Indriani meminta agar daerah, khususnya provinsi, harus lebih inovatif dalam mempersiapkan kegiatan-kegiatan promosi investasi baik bagi investor internasional maupun bagi investor dalam negeri. Salah satunya dengan memanfaatkan berbagai kemudahan teknologi informasi yang ada.

"Daerah perlu menggunakan metode yang inovatif untuk mendukung upaya menawarkan peluang investasi yang ada. Fokus utamanya adalah pengembangan Business Model yang baik sesuai potensi daerah dan peluang investasi yang ada," ujarnya melalui keterangan resmi, Jumat (15/3).

Farah menjelaskan bahwa daerah merupakan ujung tombak dalam meningkatkan masuknya investasi ke Indonesia. "Silakan optimalkan kantor Indonesia Investment Promotion Center (IIPC) di delapan wilayah kerja seluruh dunia untuk memfasilitasi kerjasama antara mitra investor dengan berbagai provinsi Indonesia," paparnya.

Sementara Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan Bank Indonesia wilayah Jawa Tengah Rahmat Dwi Saputra menegaskan bahwa kegiatan promosi dan pengawalan investasi merupakan tugas seluruh stakeholder yang terlibat.

"Kalau di Jawa Tengah kami memiliki Keris Jateng yang merupakan sinergi dari pemerintah, Bank Indonesia dan seluruh pihak yang terlibat dalam upaya untuk meningkatkan perekonomian khususnya investasi di wilayah Jawa Tengah," lanjutnya.

Master Class Promosi Investasi Daerah merupakan program pelatihan bertahap untuk mendukung pemerintah Provinsi menyusun portfolio investasi yang tepat sasaran, sesuai dengan kebutuhan calon investor di wilayah kerja IIPC. Program ini dirancang oleh BKPM bekerjasama dengan Sekretariat Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) dan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI).

Dalam acara ini komitmen nyata Provinsi terlihat dari antusiasme perangkat dinas yang hadir. Lebih dari 60 peserta yang merupakan perwakilan Dinas Penanaman Modal Pusat Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dari 29 Provinsi di Indonesia saling berbagi informasi dan pembelajaran tentang cara efektif mengembangkan investasi lestari di provinsi.

Selanjutnya, BKPM akan menggelar Investment Showcase pada bulan November mendatang di mana provinsi terbaik akan meraih gelar Regional Investment Champion yang dipromosikan langsung oleh seluruh IIPC di dunia pada semua calon investor di wilayah kerja masing-masing sepanjang tahun 2020.

Baca juga:
Jenis Investasi Paling Cocok Untuk Kaum Milenial
Genjot Literasi Keuangan, Asosiasi Fintech Ajak Milenial Investasi Sejak Dini
Jokowi Wacanakan Dua Kementerian Baru, Wapres JK Sebut Harus Ada yang Dikurangi
Otak-atik Kementerian ala Jokowi
Capex BUMN Ditargetkan Capai Rp 201 Triliun di 2019
Bappenas Soal Kementerian Investasi dan Ekspor: Tinggal Menunggu Waktu

(mdk/azz)