Blak-Blakan Menteri Susi Kerap Ditawari Uang Bebaskan Kapal Pencuri Ikan

UANG | 12 Februari 2019 16:54 Reporter : Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengungkapkan kecurangan-kecurangan yang dilakukan kapal asing di wilayah kedaulatan RI sejak dirinya menjabat sebagai menteri. Salah satunya, kecurangan dalam izin kapal.

"Perusahaan ya mereka ngaku ya aku beli izin satu, kapalnya ada 10. Catnya sama, warnanya sama, namanya. Kadang dikasih nomor berbeda tapi mirip sama padahal nggak ada izin sama sekali," kata Susi di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Selasa (12/2).

Tidak hanya itu, Susi mengungkapkan jika kapal asing ilegal yang terciduk sedang mengeruk ikan di wilayah kedaulatan RI, mereka kerap menawarkan uang alias suap. "Jadi kalau saya (perusahaan pemilik kapal asing) saya ya jalan kasih amplop selesai jadi itu dulu," ungkapnya.

Karena hal itu dia menegaskan dirinya memilih untuk menerapkan kebijakan penenggelaman kapal. Sebab jika tidak dimusnahkan kemungkinan besar kapal asing tersebut akan kembali digunakan untuk melakukan praktek ilegal fishing.

Sebagai informasi, selama 4 tahun menjabat, Menteri Susi telah menenggelamkan sebanyak 488 kapal asing. "Makanya itu detern effect penting untuk membersihkan yang sudah ada dan ini kan sebuah pekerjaan besar," tutupnya. (mdk/azz)

Baca juga:
2 Kapal Berbendera Malaysia Ditangkap Saat Curi Ikan di Selat Malaka
Dituding Curi Ikan di Myanmar, Nelayan Aceh Terancam Hukuman 6 Tahun Bui
Susi: Pengusaha Kapal Tertangkap Didenda Ratusan Juta, Padahal Mereka Dapat Miliaran
Per November, KKP Tangkap 106 Kapal Ilegal Pencuri Ikan
Paus Fransiskus Dukung Aksi Menteri Susi Pudjiastuti Dalam Menjaga Laut Indonesia

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.