BLT Dana Desa Telah Tersalurkan Rp70 Miliar Untuk 8.157 Desa di 76 Kabupaten

BLT Dana Desa Telah Tersalurkan Rp70 Miliar Untuk 8.157 Desa di 76 Kabupaten
UANG | 27 April 2020 15:10 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar, mengatakan hingga saat ini sudah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa sebesar Rp 70 miliar. Dana ini disalurkan kepada 8.157 desa di 76 kabupaten seluruh Indonesia.

"Sampai hari ini sudah ada sekitar 8.157 desa 76 kabupaten menyebar aktif yang sudah pencairan dengan kondisi masing-masing. Dari 8.157 itu kalau rata-rata itu Rp 70 miliar yang cair," kata Menteri Abdul dalam keterangannya di Jakarta, Senin (27/4).

BLT dana desa itu diberikan dalam dua cara, yakni secara tunai dan non-tunai atau cashless. Namun, hal itu disesuaikan dengan keadaan desa masing-masing. "Ada yang non-tunai langsung masuk rekening, ada juga yang tunai karena situasi dan kondisi daerahnya, kalau non-tunai sudah jelas tidak ada penerimaan langsung, kalau yang tunai door to door penerimaan," jelasnya.

Dia menjelaskan bahwa bantuan dalam bentuk non-tunai itu bukan berarti dalam bentuk sembako atau barang. Selain itu, dia juga menyarankan agar Kepala Desa menggunakan cashless dalam memberikan BLT, agar lebih aman dibanding memberikan bantuan langsung.

"Bank siap membantu percepatan pembukaan buku rekening, ketika ingin melakukan pembukaan rekening tanpa bunga. Ini keamanannya terjamin situasi aman, cukup memberikan KTP saja. Itulah kenapa kita menyarankan dalam bentuk cashless," ujarnya.

Baca Selanjutnya: Pendataan Penerima BLT Dana Desa...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami