Bobobox & Li Ka Shing Foundation Sumbang 100 Kapsul Tempat Tidur untuk Tenaga Medis

Bobobox & Li Ka Shing Foundation Sumbang 100 Kapsul Tempat Tidur untuk Tenaga Medis
UANG | 10 April 2020 16:00 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Perusahaan startup akomodasi dan pariwisata berbasis teknologi asal Bandung, Bobobox bersama Li Ka Shing Foundation mendonasikan seratus sleeping pod atau kapsul tempat tidur ke rumah sakit rujukan penanganan covid-19 di DKI Jakarta dan Jawa Barat. Nantinya, ini akan difungsikan sebagai tempat istirahat atau kamar tidur sementara bagi dokter dan para pekerja medis.

Ini dilakukan mengingat adanya beberapa kasus di mana para tenaga medis yang terlibat langsung dalam penanganan covid-19 tidak diizinkan untuk kembali ke tempat tinggal mereka karena khawatir akan risiko penularan virus pada orang sekitar.

"Kami berharap sleeping pod yang kami sumbangkan bisa menjadi solusi tempat istirahat yang lebih baik, aman, dan nyaman bagi para pekerja medis sehingga mereka dapat merawat pasien Covid-19 tanpa mengorbankan kesehatan mereka sendiri," kata CEO dan founder PT Bobobox Mitra Indonesia, Indra Gunawan melalui video conference pada Jumat (10/4).

Seratus sleeping pod tersebut akan terpisah dari zona merah, namun tetap bisa dijangkau dengan berjalan kaki sehingga tetap aman dan nyaman. Sedangkan untuk biaya pembuatan tiap sleeping pod berkisar antara Rp60 juta sampai Rp70 juta tergantung dari jarak lokasi dan kesiapan fasilitas rumah sakit.

Walaupun tidak seperti sleeping pod yang tersedia di cabang hotel Bobobox, karena pod yang akan dipasang di rumah sakit hanya menggunakan fitur-fitur dasar seperti kasur, bantal, selimut, AC, dan stopkontak. Namun faktor kenyamanan dan keamanan tetap diutamakan, sehingga para petugas medis bisa beristirahat dengan optimal.

1 dari 1 halaman

Siapkan Tempat Istirahat Nyaman

istirahat nyaman rev1

Sementara itu Antonius Bong selaku Presiden dan Co-founder PT Bobobox Mitra Indonesia menyebut para dokter dan tenaga medis telah membuat pengorbanan yang luar biasa untuk merawat pasien covid-19. Oleh karenanya mereka adalah pahlawan di tengah wabah corona, mengingat beban kerja yang begitu tinggi disertai dengan durasi waktu kerja yang semakin panjang.

"Saya harap melalui sleeping pod Bobobox yang kami pasang di rumah sakit, para pekerja medis bisa mendapatkan istirahat dan tidur nyaman yang mereka butuhkan," terang dia.

Direktur LKSF, Direktur Keuangan Grup dan Wakil Direktur Pelaksana CK Hutchison Holdings Limited, Frank Sixt mewakili Li Ka Shing Foundation mengungkapkan bahwa pihaknya sangat senang dapat berkontribusi di Indonesia dengan cara yang inovatif, yaitu melalui penyediaan pod Bobobox yang diharapkan bisa memberikan waktu istirahat yang nyaman dan pemulihan yang cukup untuk meningkatkan kesehatan dan kekuatan para pekerja medis dalam menyelamatkan nyawa pasien covid-19.

Sedangkan dr. Eka Mulyana selaku Ketua Umum IDI Jawa Barat berharap dengan adanya donasi ini, para rekan seprofesinya beserta tenaga medis bisa memiliki kualitas istirahat yang lebih baik dan lebih siap untuk merawat para pasien covid-19.

Dirinya kemudian berharap bantuan serupa dapat juga diberikan pada sejumlah rumah sakit rujukan covid -19 di kabupaten dan kota Provinsi Jawa Barat maupun daerah lainnya.

Berikut daftar rumah sakit yang saat ini akan menerima donasi dari Bobobox dan Li Ka Shing Foundation:

1. RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara (8 pod)

2. RSUD Koja, Jakarta Utara (10 pod)

3. RSUD Cengkareng, Jakarta Barat (10 pod)

4. RSUD Tarakan, Jakarta Pusat (4 pod)

5. RSKD Duren Sawit, Jakarta Timur (4 pod)

6. RS Hasan Sadikin, Bandung (4 pod)

7. RSUD Subang, Subang (4 pod)

8. RS Pelni, Jakarta Barat (16 pod)

9. RSUD Bekasi, Bekasi (10 pod)

10. RS Dustira, Cimahi (8 pod)

11. RSUD Karawang, Karawang (8 pod)

12. RSUD Bayu Asih, Purwakarta (6 pod) (mdk/idr)

Baca juga:
Workmate Ajak UKM Indonesia Rekrut Pekerja Harian dengan Menawarkan Layanan Gratis
Investree Terima Kucuran Investasi Baru Rp 383 Miliar
Luncurkan 2 Fitur Baru, Startup DOOgether Bantu Mitra Hadapi Pandemi Virus corona
BukuWarung Dapat Kucuran Dana Tahap Awal
Sosok Imam Pesuwaryantoro, Pemuda Asal Bekasi Pencetus Aplikasi Unik yang Mendunia
Legalku Digital Beri Konsultasi Hukum Gratis buat UMKM dan Startup Terdampak Covid-19

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Curhat Siswa Lulusan Tanpa Ujian Nasional

5