Boeing Tangguhkan Seluruh Pesawat Boeing 737 Max

UANG | 14 Maret 2019 11:51 Reporter : Siti Nur Azzura

Merdeka.com - Boeing telah melarang operasional pesawat 737 Max setelah penyelidik menemukan bukti baru di lokasi kecelakaan fatal Ethiopian Airlines. Pembuat pesawat AS mengatakan akan menangguhkan semua 371 pesawat.

Administrasi Penerbangan Federal (The Federal Aviation Administration/FAA) mengatakan bukti baru serta data satelit yang baru disempurnakan mendorong keputusan untuk sementara melarang jet. FAA sebelumnya selamat sementara banyak negara melarang pesawat.

"Menjadi jelas bagi semua pihak bahwa jalur (penerbangan) Ethiopian Airlines sangat dekat dan berperilaku sangat mirip dengan penerbangan Lion Air," Penjabat Administrator FAA Dan Elwell, dilansir BBC, Kamis (14/3).

Boeing mengatakan terus memiliki kepercayaan penuh pada keselamatan 737 Max. Namun, setelah berkonsultasi dengan FAA dan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional, mereka memutuskan untuk menghentikan penerbangan karena terlalu berhati-hati dan untuk meyakinkan masyarakat keselamatan keselamatan pesawat terbang.

"Kami melakukan segala yang kami bisa untuk memahami penyebab kecelakaan dalam kemitraan dengan para penyelidik, menyebarkan peningkatan keselamatan dan membantu memastikan ini tidak terjadi lagi," kata Kepala Eksekutif dan Ketua Boeing Dennis Muilenburg.

Sebelumnya, di akhir tahun lalu, para pilot di Amerika Serikat telah mengeluh tentang masalah mengendalikan Boeing 737 Max 8 saat lepas landas. Mereka melaporkan kesulitan yang serupa dengan yang berkontribusi pada kecelakaan fatal Lion Air di Indonesia pada bulan Oktober.

Fitur baru bagi keluarga Boeing 737 Max, dirancang untuk menjaga pesawat agar tidak macet. Sistem ini mencegah pesawat menunjuk ke atas pada sudut yang terlalu tinggi, di mana dia bisa kehilangan daya angkatnya.

Baca juga:
Menko Luhut Tunggu Respons Boeing soal Kecelakaan Boeing 737 Max 8
5 Negara Ini Melarang Boeing 737 Max 8 Melintas di Ruang Udaranya
Thailand Larang Terbang Boeing 737 Max 9 Selama Tujuh Hari
Luhut Panggil Kemenhub dan KNKT Bahas Perkembangan Boeing 737 Max 8
Penghentian Operasional Boeing 737 Max 8 Diklaim Tak Ganggu Jadwal Penerbangan

(mdk/azz)