Bos Bappenas Klaim Jakarta Lebih Berkembang Daripada Buenos Aires

UANG | 28 Maret 2019 16:14 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro baru saja kembali dari Argentina. Dalam kunjungan kerjanya, Bambang sedikit membandingkan Ibu Kota Argentina, Buenos Aires dengan DKI Jakarta.

Dia menceritakan, dari hasil pengamatannya, dia mengklaim DKI Jakarta jauh lebih berkembang jika dibandingkan dengan Buenos Aires. Hal ini ditandai dengan banyaknya proyek yang tengah di bangun di Ibu Kota Indonesia tersebut.

"Saya baru saja ke kota yang jarang dikunjungi orang Indonesia, Buenos Aires. Kalau ditanya, Jakarta lebih berkembang dibandingkan Buenos Aires. Di kota itu tidak ada crane, beda dengan Jakarta yang ada di mana-mana," kata Bambang di kawasan Kuningan, Jakarta, Kamis (28/3).

Ditegaskan Bambang, ini juga menjadi bukti bahwa ekonomi Indonesia, khususnya Jakarta tengah tumbuh. Berbeda dengan ekonomi Argentina yang justru mengalami penurunan.

Hanya saja, Bambang mengakui meski kondisi ekonominya tengah dalam tekanan, namun dalam hal kenyamanan, Buenos Aires lebih nyaman dibandingkan Jakarta. Salah satu faktor kenyamanan ini dilihat dari infrastruktur yang sudah dibangun dan moda transportasi masal yang sudah terintegrasi.

"Mereka sudah lama punya jaringan subway dan itu sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat sana dalam menggunakan angkutan umum. Busway di Buenos Aires juga lebih baik daripada di Jakarta," tegasnya.

Untuk itu, dengan hadirnya MRT dan nantinya akan menyusul LRT, juga adanya interkoneksi antar moda, diharapkan akan meningkatkan kenyamanan Jakarta. "Makanya pembangunan infrastruktur itu terus dibutuhkan," pungkas Bambang.

Reporter: Ilyas Istianur Praditya

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
OJK Optimis Pertumbuhan Ekonomi RI 2019 Capai 5,2 Persen
Strategi Sri Mulyani Dorong BUMN Menangkan Proyek di Luar Negeri
Misbakhun Dorong Relaksasi Pajak demi Pacu Pertumbuhan Ekonomi
BI Ungkap Tiga Tantangan Indonesia Bisa Jadi Negara Maju
Bank Indonesia Bocorkan Rahasia Indonesia Mampu Menahan Gejolak Ekonomi 2018
Bos Bank Indonesia Curhat 2018 Bukan Tahun yang Ramah Untuk Ekonomi Nasional

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.