Bos Bappenas Klaim Lokasi Ibu Kota Baru Terbebas dari Titik Api

UANG | 16 September 2019 17:29 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, Bambang Brodjonegoro memastikan bahwa wilayah lokasi ibu kota baru di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur terbebas dari titik panas. Dia pun menjamin tidak akan terjadi kebakaran hutan di dua lokasi tersebut.

"Titik panas tidak ada di situ dan itu kan sekarang jadi hutan tanaman industri, selama belum ada laporan apa-apa berati kondisi di sana baik-baik saja," kata Menteri Bambang saat ditemui di Kantornya, Jakarta, Senin (16/9).

Menteri Bambang mengakui kemungkinan terjadinya bencana memang ada, namun dua lokasi yang ditetapkan pemerintah untuk lokasi ibu kota baru tersebut dinilai risikonya paling kecil di antara lokasi yang lain.

"Yang pasti di sana itu lokasi tanah sudah dicek tidak mengandung bahan gambut maupun bahan yang mudah terbakar seperti batu bara," tandas dia.

Seperti diketahui sebelumnya, Kebakaran menghanguskan lebih 100 hektare lahan gambut di Kelurahan Petung dan Desa Giripurwa, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur. Lebih sepekan ini, tim gabungan masih berjibaku di daerah yang akan menjadi ibu kota negara baru itu agar api benar-benar padam.

"Sampai kemarin, hari ke tujuh, perkiraan luas lahan gambut yang terbakar di Petung dan Desa Giripurwa kurang lebih 110 hektare," kara Kasubbid Logistik dan Peralatan BPBD kabupaten PPU Nurlaila, dikonfirmasi merdeka.com.

Baca juga:
Bos Bappenas Beberkan Keuntungan Jangka Pendek Pemindahan Ibu Kota
110 Hektare Lahan Gambut di Ibu Kota Baru Hangus dalam Sepekan
Bos Bappenas Ungkap Alasan Investasi Masih Bertumpu di Jawa dan Sumatera
DPR Bentuk Pansus Pemindahan Ibu Kota
Hari Ini Paripurna DPR Sahkan Pimpinan Baru KPK dan Pansus Pemindahan Ibu Kota
Kabut Asap Masih Lumpuhkan 2 Bandara di Ibu Kota Baru

(mdk/idr)