Bos Bappenas Soal Pemindahan Ibu Kota: Kita Tak Akan Bikin Jakarta Kedua

UANG | 30 April 2019 17:25 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro pemindahan ibu kota baru tidak bertujuan membuat "Jakarta" yang baru, namun akan didesain hanya untuk ekosistem pemerintahan saja.

"Ibu kota negara nantinya didesain untuk aktivitas pemerintahan saja. Kita tidak akan bikin Jakarta kedua, kok, memang tujuannya bukan untuk menyaingi Jakarta," ujarnya di Gedung Bappenas, Selasa (30/4).

Menurutnya, tujuan pemindahan ibu kota adalah untuk mengurangi beban Jakarta yang sudah berat dari segi lingkungan, kepadatan penduduk dan pemerataan ekonomi. Ibu kota baru tidak akan didesain agar menjadi ramai sebagaimana Jakarta.

Sementara itu, Jakarta tetap akan menjadi pusat bisnis Indonesia. Nantinya, kota ini akan tetap dikembangkan agar dapat menjadi kota modern dengan fasilitas dan transportasi yang memadai.

Dia mencontohkan Washington DC yang menjadi ibu kota Amerika Serikat yang didesain untuk memusatkan segala aktivitas pemerintahan. "Bukan berarti DC ibu kota Amerika, maka DC harus yang paling ramai. (Washington DC) Memang tidak didesain untuk menyaingi New York sebagai pusat bisnis," tandasnya.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
Ketua DPR Minta Pemerintah Lakukan Studi Kelayakan Daerah Kandidat Ibu Kota Baru
Soal Anggaran Pemindahan Ibu Kota, Sri Mulyani Tunggu Kajian Bappenas
Sandi Nilai Perlu Ada Kajian Komprehensif Jika Ibu Kota Ingin Dipindah
Ibu Kota Baru Harus Terapkan Teknologi Digital
Bos BKPM Sebut Pemindahan Ibukota Beri Angin Segar Bagi Investor
Ibu Kota Pindah, Pemerintah Ingin Lokasi Baru Punya Akses Langsung ke Pantai

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.