Bos Bappenas Susun Skema Investasi Berkelanjutan dalam Pengembangan Energi Hijau

Bos Bappenas Susun Skema Investasi Berkelanjutan dalam Pengembangan Energi Hijau
Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. ©2020 Merdeka.com/Sulaeman
UANG | 25 Januari 2021 17:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa membeberkan sejumlah strategi pemerintah sebagai langkah konkret untuk penerapan ekonomi sirkular atau berkelanjutan dan pembangunan rendah karbon. Salah satunya dari sisi pengembangan skema investasi.

Menurut Suharso, pemerintah akan mengembangkan skema investasi berkelanjutan. Dalam hal ini termasuk membuka peluang bagi organisasi swasta dan non-pemerintah untuk bekerja sama dengan pemerintah dalam pembangunan rendah karbon melalui investasi pada energi terbarukan, restorasi lahan berkelanjutan, pengembangan industri hijau, dan pengelolaan limbah.

"Kita juga membangun pengetahuan teknologi energi hijau untuk mendukung penerapan ekonomi sirkular dan pembangunan rendah karbon," kata Suharso dalam acara virtual peluncuran laporan studi 'The Economic, Social, and Environmental Benefits of Circular Economy in Indonesia', Senin (25/1).

Langkah lain, pemerintah juga mulai menyusun rencana aksi nasional ekonomi sirkular dengan lebih rinci. Selain itu, juga mengembangkan platform dan kemitraan yang dapat mengakselerasi ekonomi berkelanjutan di Tanah Air.

Suharso mengatakan, dalam penerapan ekonomi sirkular ini ada tantangan dan peluang yang terbuka lebar. Namun, pemerintah optimistis bisa merealisasikannya.

"Kita optimis dengan kerja sama seluruh pemangku kepentingan, ini dapat jadi solusi jangka panjang bagi Indonesia. Melalui kolaborasi dan kerja sama erat, tantangan dapat kita hadapi dan rencana ini dapat terimplementasi dengan baik," tuturnya.

Baca Selanjutnya: Penyusunan Strategi...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami