Bos Bappenas Tegaskan Penentuan Lokasi Ibu Kota Baru Dilakukan Tahun Ini

UANG | 28 Mei 2019 11:27 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro memastikan penentuan lokasi Ibu Kota baru dilakukan pada tahun ini. Dengan demikian, pada tahun depan pembangunan infrastruktur dasar bisa dilakukan.

Dia menjelaskan, proses kajian dan penyusunan rencana pemindahan Ibu Kota baru masih terus berjalan. Salah satu tahap awalnya yaitu dengan penentuan lokasi pada tahun ini.

‎"Jalan terus, artinya tahun ini sudah pasti penentuan lokasi. Tahun ini penentuan lokasi, tahun depan penyiapan masterplan dan infrastruktur dasar. Kemudian di 2021 groundbreaking dan 2024 proses pemindahan," ujar dia di Kantor Bappenas, Jakarta, Selasa (28/5).

Dia mengatakan, mengenai calon lokasi dari ibu kota baru hingga saat ini belum diputuskan. Termasuk soal Palangkaraya yang kerap disebut-sebut sebagai calon kuat ibu kota pengganti Jakarta.

"(Mengerucut ke Palangkaraya?) Tidak ada yang mengerucut, tidak ada yang mengerucutkan," kata dia.

Sementara terkait dengan harus adanya revisi Undang-Undang untuk memuluskan langkah pemindahan ibu kota ini, Bambang menyatakan hal tersebut akan dibahas dengan DPR.

‎"Nanti kita bicara, yang penting penentuan lokasi dulu. UU kan itu hal baru, kita nanti bicara dengan DPR tentunya," tandas dia.

Reporter: Septian Deny

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
REI Siap Bantu Pemerintah Bangun Ibu Kota Baru di Luar Pulau Jawa
PUPR Siapkan Masterplan Ibu Kota Baru Setelah Lokasi Ditentukan Tahun Ini
Inilah Macam-Macam Gedung yang Dibangun di Ibu Kota Baru Pengganti Jakarta
Pemerintah Diminta Pertimbangkan Hal-Hal Ini Sebelum Pindahkan Ibu Kota
AP II Siap Kembangkan Bandara Palangka Raya Jika Dipilih Jokowi Jadi Ibu Kota
Jadi Pilihan Ibu Kota Baru, Ini Keunggulan dan Kelemahan Kaltim dan Kalteng

(mdk/idr)