Bos Bio Farma: 656 Relawan Sudah Vaksin Kedua Sinovac, Belum Ada Reaksi Serius

Bos Bio Farma: 656 Relawan Sudah Vaksin Kedua Sinovac, Belum Ada Reaksi Serius
vaksin corona. ©REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/File Photo
UANG | 5 Oktober 2020 13:36 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Direktur utama Bio Farma, Honesti Basyir mencatat bahwa sebanyak 656 relawan vaksin Sinovac telah menerima suntikan kedua. Jumlah tersebut hampir setengah dari total 1.319 relawan pada suntikan pertama.

Honesti mengatakan belum ada reaksi yang signifikan dari suntikan kedua ini. "Sampai saat ini belum ada reaksi serius dari suntikan ini. Mudah-mudahan ini bisa berjalan lancar supaya Januari bisa kami sampaikan hasilnya ke BPOM, sehingga Januari bisa produksi. InsyaAllah akhir Januari atau awal Februari bisa vaksinasi," kata dia dalam rapat dengar pendapat (RDP) Komisi VI, Senin (5/10).

Sementara itu, ada 244 relawan yang sudah diambil plasmanya untuk pengetesan, apakah 14 hari setelah penyuntikan kedua antibodi sudah terbentuk atau belum.

Dalam paparannya, Honesti menyampaikan komitmen untuk mendistribusikan sebanyak 15 juta dosis pada November dan Desember 2020. Selanjutnya 35 juta dosis pada Januari hingga Maret 2021, dan 210 juta dosis pada April hingga Desember 2020 sebagai prioritas.

Baca Selanjutnya: Masalah Halal...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami