Bos BRI Sebut Perbankan Fokus Selamatkan UMKM Selama Pandemi

Bos BRI Sebut Perbankan Fokus Selamatkan UMKM Selama Pandemi
Aktifitas Teller Bank BRi. ©2012 Merdeka.com
UANG | 11 November 2020 14:10 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Direktur Bank BRI, Sunarso mengatakan tetap fokus menyelamatkan UMKM dari dampak perlambatan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Cara yang ditempuh dengan memperlancar stimulus ekonomi yang dititipkan pemerintah kepada Bank BRI.

"Strategi fokus UMKM dengan memperlancar berbagai stimulus agar sampai di masyarakat secara efektif dan efisien," kata Sunarso di Jakarta, Rabu (11/11).

Pemberian Bantuan Presiden Produktif senilai Rp2,4 juta ini menjadi gerbang awal BRI menjangkau pelaku UMKM yang belum terhubung dengan lembaga keuangan. Dana hibah yang digunakan untuk modal usaha ini diharapkan dimanfaatkan masyarakat untuk menambah modal usaha atau membuka usaha.

Dalam jangka panjang, BRI berharap bisnis yang dijalankan mendapatkan pasarnya. Sehingga ketika mereka membutuhkan modal usaha bisa langsung mengajukan kredit pinjaman kepada BRI.

"Mereka buka usaha dan jalan kalau butuh modal bisa minta kredit ke super mikro," kata dia.

Strategi ini pun membuahkan hasil. Dalam waktu beberapa bulan, penyaluran kredit BRI kepada penerima bantuan mencapai Rp5 triliun lewat KUR Super Mikro. Kredit ini memberikan pinjaman maksimal Rp10 juta kepada nasabah.

"Dalam beberapa bulan sudah Rp5 triliun lebih. KUR super mikronya sudah tumbuh," kata dia.

Baca Selanjutnya: Salurkan Kredit...

Halaman

(mdk/azz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami