Bos Bukalapak Buka-bukaan Strategi Lindungi Data Konsumen

UANG | 23 September 2019 20:32 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Presiden Bukalapak, Fajrin Rasyid membeberkan siasat untuk melindungi pengguna Bukalapak agar tak jadi korban penipuan digital. Kasus yang terjadi kerap berupa phising dan social engineering yang mengancam data dan rekening seseorang.

Upaya yang dilakukan terdiri dari offline dan online. Upaya offline dilakukan bersama komunitas pelapak yang tersebar di sekitar 150 kota agar membantu edukasi.

"Kita punya komunitas pelapak yang tersebar di kurang lebih 150 kota. Kita kadang-kadang menitipkan hal ini, kita punya beberapa konten-konten terkait dengan fraud mitigation dan fraud prevention yang mungkin bisa sekali di-sounding ke teman-teman," ujar Fajrin di acara Indonesia Fintech Summit & Expo 2019 di JCC, Jakarta, Senin (23/9).

Sedangkan upaya online dilakukan lewat platform Bukalapak. Pembeli atau mitra Bukalapak sering dikirimkan push-notification agar mereka tak sembarangan memberikan nomor telepon, nomor rekening, atau mengirim transfer ke sembarang orang.

Fajrin mengungkapkan, Bukalapak juga punya sistem perlindungan internal untuk mencegah insider fraud. Pertama, karyawan yang mau masuk Bukalapak harus melalui background check, kemudian mereka pun tak bisa mengakses sistem yang bukan ranah mereka.

"Kita make sure dari sisi karyawan, dari masuk ada background checking, ketika di dalam karyawan hanya bisa mengakses bagiannya saja," ujar Fajrin yang berkata dirinya pun tak bisa asal mengakses sistem.

Tak hanya itu, Fajrin pun turut mengharapkan bantuan edukasi dari media. Dia mengajak media agar bisa menulis konten-konten edukatif seperti tips dan trik untuk mencegah terjadinya penipuan digital.

Reporter: Tommy Kurnia

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Kemenkeu Bakal Gandeng Bukalapak dalam Proses Lelang
Bukalapak Tawarkan Layanan Cicil Emas Berjangka Waktu Sampai 2 Tahun
Jual Emas Online, Tokopedia dan Bukalapak Tak Perlu Kantongi Izin Pemerintah
Menteri Susi Minta Bukalapak dkk Cegah Penjualan Alat Perusak Perikanan
Penjelasan Lengkap Bukalapak soal Isu PHK Karyawan
Deretan E-commerce dengan Transaksi Tertinggi di Indonesia

(mdk/idr)