Bos DANA: 60 Persen Masyarakat Merambah Transaksi Online

Bos DANA: 60 Persen Masyarakat Merambah Transaksi Online
Ilustrasi teknologi. ©Shutterstock/nopporn
UANG | 13 Desember 2020 19:28 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - CEO dan Co-founder DANA Vincent Iswara mengatakan, salah satu strategi untuk UMKM bertahan saat pandemi adalah memasuki ekosistem digital. Sebab, saat ini pasar di Indonesia sudah menunjukkan perpindahan (shifting) dari transaksi tunai dan fisik ke transaksi non-tunai.

"Di Indonesia kalau tidak salah jumlah generasi centennial nya sudah lebih dari 53 persen atau hampir 60 persen dan mereka rata-rata online 7 hingga 9 jam sehari," ujar Vincent dalam dalam tayangan UMKM Expo(rt) Billianpreneur 2020 di Vidio.com, Minggu (13/12).

Dia menjelaskan, sesuai survei, 73 persen decision making atau pengambilan seperti keputusan membeli, membutuhkan barang dilakukan melalui platform digital. Untuk itu, penting bagi UMKM untuk segera go digital mengingat pasar yang dituju juga sudah melakukan perpindahan pola berbelanja.

Dirinya menyarankan agar UMKM bisa jemput bola dengan masuk ke ekosistem digital. "Ke depannya kalau sudah seperti itu, kalau go digital sudah gratis dan aman, dari pendanaan dan pencatatan transaksi aman, harusnya tidak ada hambatan lagi," imbuhnya.

Sementara itu, CEO dan Co-founder Qasir Michael Liem mengatakan, masuknya UMKM ke ekosistem digital tidak hanya membuat bisnis yang sedang dijalankan mendapat peningkatan profit, namun juga lebih produktif.

Selain itu, resiko yang ditimbulkan juga lebih kecil serta biaya operasional yang dikeluarkan pun berkurang. Ekosistem digital juga memungkinan pelaku usaha memiliki catatan transaksi yang terverfikasi.

"Dan ini tidak hanya bisa meningkatkan profit, namun juga produktivitas untuk membesarkan usaha mereka lebih lanjut," ujarnya.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
Bos DANA Beberkan Keuntungan UMKM Manfaatkan Teknologi
Deretan Kemudahan BRI Untuk Dukung Ekosistem Digital Payment UMKM
BRI: Transaksi Digital Melonjak di Tengah Pandemi
Berkat ini, Luhut Sebut Ekonomi RI Bakal Kalahkan Malaysia dan Singapura di 2025
Genjot Ekspor, Pemerintah Dorong UMKM Kembangkan Produk Berbasis Teknologi
Gaet Baby Boomer, Antam Maksimalkan Layanan Daring Via Whatsapp

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami