Bos DJP resmi pecat dua pegawai pajak Ambon terlibat OTT KPK

Bos DJP resmi pecat dua pegawai pajak Ambon terlibat OTT KPK
Dirjen Pajak Robert Pakpahan. ©2017 Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu
EKONOMI | 4 Oktober 2018 15:15 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Robert Pakpahan secara resmi memberhentikan atau memecat Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Ambon La Masikamba dan Supervisor Pemeriksa Pajak KPP Ambon Sulimin Ratmin. Pemecatan ini karena yang bersangkutan menjadi tersangka di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Setelah ditetapkan tersangka kami akan membebas tugaskan tersangka. Kemudian akan diproses pemecatan dari PNS," ujar Robert Pakpahan dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Kamis (4/10).

Robert mendukung upaya KPK untuk membersihkan Ditjen Pajak dari tindak pidana korupsi. Bahkan Robert mengaku siap memberikan informasi dan data jika dibutuhkan lembaga antirasuah.

"Kami dalam hal ini akan mendukung KPK menuntaskan persoalan terkait OTT dalam memberikan informasi data yang diperlukan," kata dia.

Menurut Robert, instansinya memang rentan dalam tindak pidana korupsi. Dia menegaskan siap untuk membersihkan instansinya dari pelaku korupsi.

"Kami dari Menkeu tidak mentolerir pegawai yang melanggar peraturan," kata dia.

Dalam kasus ini, KPK menetapkan Kepala KPP Pratama Ambon La Masikamba sebagai tersangka suap terkait pengurangan kewajiban pajak pribadi. Selaian La Masikamba, KPK juga menjerat Supervisor pemeriksa pajak KKP Ambon Sulimin Ratmin dan wajib pajak bernama Anthony Liando.

La Masikamba dan Sulimin diduga menerima suap dari Anthony untuk mengurangi nominal wajib pajak dirinya tahun 2016. La Masikamba dan Sulimin diduga sepakat mengurangi kewajiban pajak Anthony dari nilai antara Rp 1,7 sampai Rp 2,4 miliar menjadi Rp 1,037 miliar.

Reporter:Fachrur Rozie

Sumber: Liputan6.com (mdk/idr)

Baca juga:
Kepala kantor pajak Ambon kuasai ATM & tabungan miliaran rupiah, KPK duga modus suap
KPK tetapkan kepala antor pajak Ambon La Masikamba tersangka suap
KPK tangkap tangan petugas pemeriksa pajak Maluku-Papua
Kepala KPP Pratama Ambon umbar senyum saat digelandang KPK
4 Pejabat pajak di Ambon terkena OTT digelandang ke KPK

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami