Bos Facebook dituding licik saat beli aplikasi Whatsapp

Bos Facebook dituding licik saat beli aplikasi Whatsapp
Jokowi dan Mark Zuckerberg. ©Setpres RI
EKONOMI | 29 Juni 2017 16:00 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo

Merdeka.com - Bos Facebook, Mark Zuckerberg, dituding licik saat membeli aplikasi Whatsapp. Mark menelikung saat bos Tencent, pemilik aplikasi WeChat, sakit dan harus dioperasi.

Dilansir dari CNBC, Kamis (29/6), pemilik Tencent, Pony Ma, sudah melakukan pendekatan untuk membeli Whatsapp sejak awal 2014. Pembelian ini bakal menjadikan China sebagai pemilik aplikasi-aplikasi besar dunia.

Namun, saat perundingan akan mencapai kesepakatan, Pony Ma jatuh sakit dan harus naik meja operasi. Kejadian ini mengharuskannya menunda perjalanan ke Silicon Valley untuk menuntaskan pembelian.

Di saat itu, Mark Zuckerberg langsung menusuk dengan menawarkan harga dua kali lipat dari Tencent sekitar USD 19 miliar. Pada Februari 2014, kesepakatan pembelian pun tercapai.

Mark mengaku kesepakatan berlangsung cepat dengan hanya melalui satu kali makan malam di awal Februari. Praktik ini bukan pertama kali dilakukan Mark Zuckerberg, di mana sebelumnya dia juga mengakuisisi Oculus hanya dalam waktu seminggu.

Laporan yang diterima tidak menyebutkan apakah Mark Zuckerberg mengetahui keinginan dan kondisi kesehatan Pony Ma. Facebook pun enggan berkomentar mengenai laporan ini.

Whatsapp, dalam laporan keuangan Facebook kuartal IV 2016, mencatat memiliki 1,2 miliar pengguna per bulan yang mengirim 50 miliar pesan tiap hari. (mdk/bim)

Baca juga:

Kumpulkan para ahli, Facebook berdedikasi wujudkan literasi berita

Ini perilaku digital masyarakat Indonesia ketika Ramadan

Facebook-Microsoft pasang kabel internet super cepat di bawah laut

Foto Menteri Susi ketiduran di bandara viral di media sosial

Dituduh hujat Islam di Facebook, pria Pakistan dijatuhi hukuman mati

Heboh pemuda Jawara Bekasi kebal bacok tantang gengster

Komentar di FB, ABG di Bekasi didatangi ormas dan diamankan polisi

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami