Bos INKA: Pabrik Kereta Banyuwangi Sudah Terbangun 26 Persen

UANG » BANYUWANGI | 19 Agustus 2019 14:34 Reporter : Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Direktur Utama INKA Budi Noviantoro kembali menjelaskan mengenai pembangunan pabrik baru di wilayah Banyuwangi, Jawa Timur. Pembangunan pabrik tersebut sebagai upaya perseroan untuk meningkatkan kapasitas produksi.

Menurut dia, pabrik tersebut dibangun di atas lahan seluas 83 hektare milik PT INKA. Ditargetkan pembangunan pabrik selesai pada tahun 2020.

"Banyuwangi progressnya 26 persen. Mudah-mudahan pas ulang tahun INKA 2020 selesai. Saat ini lebih maju. Kemarin Bu Menteri (Menteri BUMN Rini Soemarno) sudah kesana semuanya sudah bagus," kata dia di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (19/8).

Dia mengatakan, saat ini PT INKA memang telah memiliki pabrik di Madiun dengan luas lahan 22 hektare dan kemampuan produksi rata-rata 1,5 kereta per hari. "Akses sudah semua bagus. Targetnya, ini impian kalau sekarang (pabrik di Madiun) kan 1,5 kereta per hari rata-rata. Kalau di sana (Banyuwangi) 3 sampai 4 kereta (per hari) kapasitasnya. Kalau semuanya sudah beroperasi," ujarnya.

Selain itu jarak dari pabrik baru di Banyuwangi ke pelabuhan juga lebih dekat. Dengan demikian proses distribusi kereta, terutama untuk pasar ekspor jadi lebih dekat dan efisien.

"Di sana karena dekat pelabuhan. Kalau di Madiun itu kalau saya (ekspor) ke Bangladesh, itu dari Madiun itu dibawa ke Tanjung Perak dulu. Sebelum jalan tol ada itu 2 sampai 3 hari nyampenya, sekarang 8 jam nyampe," urai Budi.

"Tetapi masih ada masalah. Dikawal macam-macam. Kalau nanti dari Banyuwangi langsung, kita buat akses keluar sudah ke pelabuhan kira-kira hanya 1,5 Km sampai 2 Km. Impornya juga langsung gampang," tandasnya.

Baca juga:
INKA Gigit Jari Proyek Pengadaan Bus TransJakarta Tersandung Kasus Korupsi
BUMN RI Bakal Investasi Kereta Api dan Tambang Emas di Afrika
PT INKA Kirim 26 Gerbong Kereta ke Bangladesh
Bertemu Presiden Argentina, Jokowi Tawarkan Produk BUMN
KAI Pesan 10 Rangkaian Kereta Sleeper Tambahan
Adopsi Arsitektur Suku Osing Banyuwangi, Pabrik KA Terbesar Siap Dibangun

(mdk/idr)