Bos Kadin Minta Pemerintah Beri Insentif ke E-Commerce yang Jual Produk UMKM

Bos Kadin Minta Pemerintah Beri Insentif ke E-Commerce yang Jual Produk UMKM
Ketua Umum Kadin Rosan P Roeslani. ©2019 Liputan6.com
EKONOMI | 14 Juni 2021 18:15 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P Roeslani mengusulkan kepada pemerintah untuk memberikan insentif kepada pihak e-commerce yang memfasilitasi penjualan produk UMKM. Insentif sendiri bisa berupa fiskal maupun pajak.

"Saya sudah menyampaikan kepada pemerintah bahwa kalau ada e-commerce atau marketplace misalnya Shopee pada saat ini menjual barang-barang UMKM diberikan insentif. Bisa berbentuk insentif fiskal atau pajak," terangnya dalam Webinar Shopee bertajuk UMKM Indonesia Menuju Pasar Global, Senin (14/6).

Bos Kadin ini menjelaskan, pemberian insentif merupakan bentuk apresiasi pemerintah atas kontribusi e-commerce dalam meningkatkan penjualan produk UMKM.

Selain itu, pemberian insentif juga diharapkan bisa memacu e-commerce untuk lebih banyak lagi memfasilitasi penjualan aneka produk UMKM ke pasar domestik maupun mancanegara. Dengan begitu, juga akan menstimulus semangat para UMKM untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan agar memenuhi standar ekspor.

"Jadi, kita ingin mendorong marketplace dan UMKM ini mendapatkan akses manfaat yang lebih besar dari kolaborasi dan sinergi itu.

Baca Selanjutnya: Sandiaga Sebut Subsidi Ongkir Harbolnas...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami