Bos OJK Optimis IHSG Tembus 7.000 dalam Waktu Dekat

Bos OJK Optimis IHSG Tembus 7.000 dalam Waktu Dekat
Ketua Dewan Komisoner OJK Wimboh Santoso. ©2019 Merdeka.com/Dwi Aditya Putra
UANG | 7 Februari 2021 09:29 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso optimistis Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mampu menyentuh level 7.000. Bahkan, pencapaian level cemerlang IHSG itu diyakini akan terjadi dalam waktu dekat.

"(IHSG) ini bisa naik terus, bisa tembus ke 7.000 tidak terlalu lama. Kita lihat saja, bisa tembus 7.000 dalam waktu tidak terlalu lama," ujarnya dalam acara Wedangan IKA UNS Seri XLIII, ditulis Minggu (7/2).

Dia menjelaskan, potensi kenaikan IHSG itu akibat mulai pulihnya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pasar modal. Menyusul upaya keras otoritas bersama stakeholders terkait untuk menjaga pergerakan IHSG agar tetap hijau di masa kedaruratan kesehatan akibat Covid-19.

"Sehingga mereka balik (ke pasar modal) kembali. Terutama investor ritel," terangnya.

Proyeksi atas penguatan IHSG itu juga dikarenakan derasnya aliran dana yang masuk ke pasar modal Indonesia sejak awal tahun 2021 total mencapai Rp 36,6 triliun. Rinciannya, sebanyak Rp24,3 triliun di bulan Januari 2021 dan sebanyak Rp12,25 triliun di bulan Februari 2021.

Bahkan, nilai aliran modal yang akan masuk ke pasar modal tanah air diprediksi akan terus mengalami peningkatan disepanjang tahun ini. "Ini karena investor sambil menunggu normalisasi sektor riil bisa mengalokasikan danaya di pasar modal. Untuk itu, kami juga sudah antisipasi membatasi supaya market tidak terlalu bullish di tahun 2021 ini," tutupnya. (mdk/azz)

Baca juga:
IHSG Ditutup Menguat Pasca Rilis Data Pertumbuhan Ekonomi 2020
IHSG Dibuka Menguat, 7 Saham Emiten Ini Jadi Rekomendasi Analis
IHSG Dibuka Menguat, Ini 7 Saham Laik Jadi Pilihan Investasi
IHSG Dibuka Menguat di 6.119, 7 Saham ini Menarik untuk Dibeli
IHSG Ditutup Melesat Dipicu Peresmian Bank Syariah Indonesia oleh Presiden Jokowi
IHSG Dibuka Melemah, Simak Saham Pilihan yang Direkomendasikan Beli

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami