Bos PTPN III: Sekarang Indonesia Jadi Negara Terbesar Importir Gula

Bos PTPN III: Sekarang Indonesia Jadi Negara Terbesar Importir Gula
gula. ©2012 healthmeup.com
EKONOMI | 20 September 2021 13:42 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Direktur Utama PTPN III Muhammad Abdul Gani mengatakan, ketergantungan Indonesia terhadap gula impor masih sangat tinggi. Hal ini terbukti dari sata yang menunjukkan bahwa Indonesia negara terbesar importir gula.

"Sekarang Indonesia adalah negara terbesar importir gula. Jadi ini memprihatinkan bagi kita," ujar Gani saat rapat bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Jakarta, Senin (20/9).

Gani mengatakan, dari tahun ke tahun konsumsi gula terus naik. Kenaikan tersebut dipengaruhi oleh jumlah penduduk yang kian bertambah. Belum lagi dipengaruhi oleh peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Dari tahun ke tahun peningkatan terus terjadi, karena pertambahan jumlah penduduk dan peningkatan kesejahteraan dan konsumsi per kapita naik," jelasnya.

Dengan adanya permasalahan tersebut, PTPN memiliki 4 tujuan untuk memperbaiki kinerja produksi gula konsumsi di Indonesia. Gula konsumsi terus digenjot, sementara kebutuhan gula sektor lain masih harus impor.

"Tujuan dari PTPN kita ingin mewujudkan kemandirian gula konsumsi. Kenapa tidak secara total? Kayaknya kalau melihat kemampuan lahan kemudian kebutuhan padi, kayaknya tidak mungkin Indonesia memaksakan swasembada untuk seluruh gula. Tapi minimal gula konsumsi PTPN bisa berkontribusi memperluas lahan tebu dan kerjasama dengan petani," jelasnya.

Kedua dengan adanya produksi PTPN naik, maka impor gula akan berkurang, devisa hemat dan memandirikan pangan. Ketiga, meningkatkan kesejahteraan petani. Sebab, tidak mungkin meningkatkan produksi gula tanpa mensejahterakan petani.

"Minimal tanaman petani dengan semua bibit dari kita. Semua digratiskan bibit di awal tanam, setelah itu baru dia beli sendiri. Bibir unggul dari kita yang sudah diteliti. Selama ini belum dilakukan. kita akan dukung petani. Terakhir kita akan menjaga stabilitas harga gula ritel," tandasnya. (mdk/azz)

Baca juga:
DPR Harap Pembentukan SugarCo Bisa Tekan Impor Gula Konsumsi
Erick Thohir ke Petani Tebu : Lapor Saya Jika Tidak Dapat Bibit Berkualitas
Erick Thohir Ingin Libatkan Tebu Rakyat untuk Kejar Swasembada Gula
Kenali Perbedaan Brown Sugar dan Gula Aren, Jangan Sampai Tertukar
RNI Jamin Harga Minimal Pembelian Gula Petani Rp10.500 per Kg
RNI Target Produksi Gula Tembus 282.000 Ton di 2021

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami