Bos Toyota bongkar strategi bisnis perusahaan

UANG | 5 Agustus 2016 13:24 Reporter : Novita Intan Sari

Merdeka.com - President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto membongkar strategi bisnis perusahaan dalam meningkatkan daya saing dan merebut hati masyarakat Indonesia. Salah satu strategi pabrikan otomotif asal Jepang tersebut adalah dengan terus mengeluarkan produk baru menjawab kebutuhan masyarakat tiap tahunnya.

"Strategi bisnis membawa produk sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan responnya positif, termasuk masalah teknologinya," ujar Henry di Restoran Olla&Bella di Jakarta, Jumat (5/8).

Menurutnya, lebih dari 90 persen mobil keluaran Toyota yang dijual di Indonesia merupakan hasil produksi dalam negeri dengan kandungan lokal atau local content mencapai 94 persen.

Selain sering mengeluarkan produk baru, perusahaan juga rajin membangun beberapa outlet yang sudah merambah di kabupaten dan kota Indonesia. "Masalah jaringan Toyota outletnya nambah terus sampai dengan kabupaten. Ini mempermudah customer dengan menservice kendaraannya," jelas dia.

Di sisi lain, Toyota-Astra Motor menorehkan kinerja positif pada Mei 2016 dengan penjualan sebanyak 33.624 unit dan meraih market share sebesar 39 persen, atau menjadi yang terbaik sepanjang tahun ini. Hingga akhir tahun, diharapkan angka penjualan terus mengalami peningkatan.

"Semua segmen kendaraan penumpang Toyota di pasar ritel mengalami pertumbuhan signifikan pada Mei 2016 dibandingkan dengan April 2016."

Pertumbuhan tertinggi dicapai segmen sedan sebesar 47,9 persen, diikuti segmen SUV yang tumbuh 19,4 persen, segmen 4x4 tumbuh 12,3 persen, hatchback tumbuh 7,4 persen, serta MPV bertumbuh 3,5 persen.

Baca juga:
Ini tantangan Toyota Sienta supaya sukses di Indonesia
Toyota & Daihatsu kolaborasi buat mobil baru harga Rp 100 juta-an
Chief Engineer Toyota beberkan 'rahasia' All New Fortuner
AUTO2000 buka cabang yang ke-101 di Gresik
Toyota C-HR concept akan 'mejeng' di GIIAS 2016
[Eksklusif] Ini penampakan Toyota Calya
Ini strategi Toyota jika permintaan Sienta lebih tinggi dari target

(mdk/idr)