BPS: 38,84 Juta Orang Sudah Lakukan Sensus Penduduk Online 2020

BPS: 38,84 Juta Orang Sudah Lakukan Sensus Penduduk Online 2020
UANG | 15 April 2020 13:00 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mencatat, jumlah masyarakat Indonesia yang sudah berpartisipasi melakukan sensus penduduk online 2020 mencapai 38,84 juta jiwa. Angka ini diperoleh berdasarkan hasil perhitungan hingga Selasa kemarin.

Seperti diketahui, BPS telah memperpanjang waktu pengisian Sensus Penduduk 2020 yang dilakukan secara online, dari yang semula hanya sampai 31 Maret 2020 menjadi 29 Mei 2020. Langkah ini diambil berkaitan dengan wabah virus corona yang menjangkit di Indonesia.

"Perkembangannya cukup menggembirakan. Sampai kemarin, jumlah penduduk Indonesia yang berpartisipasi aktif dalam sensus penduduk 2020 online sebanyak 38,84 juta orang," kata dia dalam video conference di Jakarta, Rabu (15/4).

Menurutnya, antusiasme masyarakat dalam sensus penduduk 2020 cukup tinggi. Hal itu tercermin jika dilihat pada batas penutupan sebelumnya pada akhir Maret 2020. "Banyak sekali yang melakukan online. Saya terima kasih dan maaf kalau agak susah masuk, tapi sekarang kita perluas bandwith dan akan perpanjang sampai 31 Mei 2020," kata dia.

Dia mengharapkan dengan perpanjangan waktu yang diberikan, masyarakat lebih aktif berperan untuk berpartisipasi dalam sensus penduduk online 2020. "Jadi mudah-mudahan perkembangannya akan menggembirakan," tandas dia.

1 dari 1 halaman

Sensus Penduduk di Berbagai Negara

di berbagai negara

Suhariyanto mengatakan, tahun ini ada 54 negara di dunia yang melakukan sensus kependudukan. Namun akibat wabah virus corona, sejumlah negara memodifikasi pelaksanaannya.

Misalnya, Panama yang membatalkan pelaksanaan sensus kependudukan hingga tahun depan. Lalu Arab Saudi juga membatalkan hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Sementara itu, Amerika Serikat melakukan perpanjangan waktu pelaksanaan sensus penduduk.

Dia berharap dengan penambahan waktu Sensus Penduduk Online ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh warga untuk mencatatkan diri dari rumah. Dia menargetkan, dua bulan penambahan waktu ini, penduduk yang melakukan Sensus Penduduk Online bisa mencapai 20-22 persen.

Selain itu, BPS juga menjadwalkan ulang Sensus Penduduk tatap muka. Semula pelaksanaan SP tatap muka dilakukan pada 1-31 Juli 2020, kini pelaksanaan SP tatap muka baru akan dilaksanakan pada 1-30 September 2020. Penambahan waktu SP Online pun berdampak pada proses pengelolaan data penduduk sebelum dilakukan SP tatap muka. (mdk/azz)

Baca juga:
Bos BPS: Banyak Negara Perpanjang Hingga Batalkan Sensus Penduduk Karena Corona
Pengisian Sensus Penduduk Online Berakhir Hari Ini, Simak Langkah-langkahnya
Masa Pengisian Sensus Penduduk Diperpanjang, Ada 32,4 Juta Partisipan per Hari ini
Bupati Anas Minta Camat dan ASN Sosialisasikan Sensus Penduduk 2020
3 Cara Menghindari Modus Penipuan Sensus Online
BPS Sensus Penduduk 2020 Lewat Sistem Online

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami