BPS Pastikan Penurunan Ekspor Impor Januari Bukan Pengaruh Virus Corona

BPS Pastikan Penurunan Ekspor Impor Januari Bukan Pengaruh Virus Corona
UANG | 17 Februari 2020 13:04 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suhariyanto, memastikan virus corona tidak memberi dampak besar pada kondisi ekspor dan impor pada Januari 2020. Menurutnya, dampak virus corona pada laju impor dan ekspor baru akan terlihat pada rilis Febuari.

"Ekspor dan impor dari Januari dari awal bulan, pengaruh belum akan terlihat signifikan pada Januari tapi kita perlu waspada bagaimana efek bisa kita liat pada rilis di Febuari tapi intinya kita perlu waspada," kata dia di Kantornya, Jakarta, Senin (17/2).

Seperti diketahui nilai ekspor dan impor Januari 2020 sama-sama terkoreksi mengalami penurunan dibandingkan posisi bulan sebelumnya.

Di mana, ekspor Januari sebesar USD 13,41 miliar atau turun 7,16 persen dari bulan sebelumnya. Sedangkan, impor tercatat sebesar USD 14,28 miliar atau turun 1,60 persen dari Desember 2019.

1 dari 1 halaman

Virus Corona Ganggu Perdagangan Baru Akhir Januari

ganggu perdagangan baru akhir januari rev1

Dia menjelaskan, kronologis mewabahnya virus corona sendiri awalnya dilaporkan di Wuhan China pada 31 Desember 2019. Kemudian diidentifikasi sebagai virus corona pada 3-5 Januari 2020.

Selanjutnya, pada 20 Januari 2020, beberapa negara baru mulai ramai melakukan pengecekan suhu badan meski Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum merekomendasikan pembatasan. "Tapi 21 Januari mulai ada korban. 31 Januari ditetapkan darurat oleh WHO," kata dia.

Berkaca pada kronologis tersebut, maka secara keseluruhan perdagangan ekspor impor Indonesia pada Januari 2020 belum terlalu berdampak secara signifikan. Hanya saja, kewaspadaan muncul sesudah imlek.

"Jadi saya tekankan, ekspor impor Januari pergerakan dari awal bulan sampai minggu ketiga masih oke. Tapi karena saya tidak menyajikan data mingguan, jadi pengaruh itu belum terjadi signifikan di Januari," kata dia.

(mdk/bim)

Baca juga:
Tiga Warga Israel & 40 Warga AS di Kapal Pesiar yang Dikarantina Terinfeksi Covid-19
Prancis Laporkan Kematian Pertama Akibat Virus Corona, Kasus Pertama di Luar Asia
Gereja di Moskow Berdoa untuk China yang Sedang Melawan Wabah Virus Corona
AS, Kanada & Hong Kong Evakuasi Warganya dari Kapal Pesiar yang Dikarantina di Jepang
Dievakuasi dari Wuhan, Mahasiswa asal Papua Barat Berterima Kasih ke Pemerintah
Cerita Kakak Beradik yang Kuliah Kedokteran di Wuhan Usai Observasi di Natuna
China Kerahkan Mobilisasi Massa Gaya Mao Perangi Corona

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami