BPTJ Sebut Tak Pernah Rencanakan Jalan Tol untuk Sepeda

BPTJ Sebut Tak Pernah Rencanakan Jalan Tol untuk Sepeda
UANG | 29 Agustus 2020 17:53 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kini tengah menindaklanjuti usulan Pemerintah Provonsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk menyediakan lintasan khusus bagi sepeda balap atau road bike di Jalan Tol Dalam Kota ruas Cawang-Tanjung Priok.

Permohonan ini diajukan dalam sebuah surat tertanggal 11 Agustus 2020 kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Surat tersebut diberikan atas dasar adanya peningkatan volume pengemudi sepeda setiap pekannya.

Berdasarkan isi surat yang dikirimkan tersebut, Pemprov DKI meminta agar ruas Tol Cawang-Tanjung Priok dapat digunakan untuk jalur sepeda. Tujuannya untuk mengakomodasi pengguna sepeda yang ramai berseliweran setiap hari Minggu pukul 06.00-09.00 WIB.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit menyampaikan, selama ini pihaknya tidak pernah terfikirkan dan memiliki rencana penggunaan jalan tol untuk pesepeda.

"Kami tidak pernah merencanakan tol untuk sepeda," kata Danang kepada Liputan6.com, Sabtu (29/8).

Meski demikian, pihaknya menghargai usulan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengenai rencana itu. Bahkan, saat ini, surat tersebut kini tengah dikaji oleh pihaknya dan Direktorat Jenderal Bina Marga. Beberapa pertimbangan teknis jadi acuan dalam perhitungan pemberian izin tersebut.

"Safety and security akan jadi pertimbangan utama dengan tetap memenuhi SPM (Standar Pelayanan Minimal) jalan tol," terang Danang.

Selain itu, ia mengatakan, pihaknya juga tidak mau kehadiran jalur sepeda ini nantinya dapat menimbulkan kemacetan di ruas tol ke arah Pelabuhan Tanjung Priok tersebut. Oleh karenanya, Danang meminta Pemprov DKI melakukan simulasi lalu lintas guna mencegah potensi terjadinya kemacetan baru.

"Ini yang kami minta dilakukan simulasi traffic oleh DKI. Terutama jalur logistik," ungkap dia.

Sumber: Liputan6
Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana (mdk/did)

Baca juga:
Dishub DKI Kembali Adakan Kawasan Khusus Pesepeda
Wacana Sepeda Lewat Tol, Kadishub DKI Sudah Koordinasi dengan Pengelola
Gerindra Dukung Rencana Jalur Sepeda di Tol: Bagus Tingkatkan Udara Bersih di Jakarta
Melihat Urgensi Keberadaan Jalur Sepeda di Tol
Gubernur Anies Usul Sepeda Boleh Lintasi Jalan Tol
PKS: Jalur Khusus di Jalan Tol Bahayakan Pesepeda
Tolak Usulan Anies, DPR Sebut Tak Ada Urgensi Jalan Tol untuk Pesepeda

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami