BPTJ Siapkan Skema Lalu Lintas Antisipasi Kemacetan di Puncak Saat Tahun Baru

UANG | 9 Desember 2019 15:13 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Kepala Badan Pengelolaan Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono mengaku, sudah menyiapkan skema lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatan jalur Puncak, Bogor pada saat Libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Rekayasa lalu lintas ini, untuk meminimalisir terjadinya kemacetan pada saat malam puncak tahun baru.

"BPTJ akan fokus saat malam tahun baru di puncak sedang kami otak atik manajemen lalu lintas di sana nanti diatur dengan kepolisian," kata dia dalam konferensi pers di Kantornya, Jakarta, Senin (9/12).

Dia menambahkan, BPTJ akan bekerja sama dengan kepolisian setempat untuk menyiapkan skema lalu lintas pada saat malam tahun baru. Dia memastikan, pada saat malam tahun baru tidak ada kendaraan yang melintas untuk naik.

"Fokus kami layani angkutan umum dari Jakarta ke puncak akan kami siapkan mulai tahun ini," tandasnya.

1 dari 1 halaman

Jalur Puncak II

Bupati Bogor, Ade Yasin meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangunkan Jalan Poros Tengah Timur (Puncak II) dalam Rakornas Pemerintah Pusat dengan Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) 2019 di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Rabu (13/11).

Menurut Ade, pembangunan Jalur Puncak II adalah solusi untuk mengurai kemacetan dan mengurangi beban kendaraan di Jalan Raya Puncak, yang bisa mencapai 19.000 unit, terutama saat musim liburan.

Dia menjelaskan, Pemkab Bogor telah memiliki lahan yang bisa digunakan untuk Puncak II, yang membentang sepanjang 46 kilometer dari kawasan Sentul hingga Cianjur dan dianggap bisa mengurangi kepadatan kendaraan di Jalan Raya Puncak hingga 50%.

"Kami sudah jenuh dengan one way di Puncak. Kanalisasi 2-1 juga pernah dilakukan, tapi tidak berhasil. Ini karena volume kendaraan tidak sebanding dengan badan jalan yang kecil," kata Ade. (mdk/azz)

Baca juga:
Warga Cisarua Terisolir, Gerindra Desak Jalur Puncak II Segera Dibangun
Warga Puncak Papua Dilanda Hujan Es, Suhu Udara Terasa Seperti di Eropa
Di Rakornas, Bupati Bogor Minta Kementerian PUPR Bangun Jalur Puncak II
Mulyadi Gerindra: Sudah Dua Gubernur, Banjir di Bandung Tak Pernah Selesai
Akhir Pekan Ini, Jalur Puncak Kembali Diberlakukan Sistem Satu Arah
Besok, BPTJ Gelar Rapat Evaluasi Soal Sistem 2-1 Jalur Puncak

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.