BRI Beri Subsidi Bunga Kredit ke 7,2 Juta Nasabah UMKM Senilai Rp1,2 Triliun

BRI Beri Subsidi Bunga Kredit ke 7,2 Juta Nasabah UMKM Senilai Rp1,2 Triliun
UANG | 5 Agustus 2020 17:12 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk telah merealisasikan program subsidi bunga kepada 7,2 juta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdampak pandemi covid-19 dengan total nilai sebesar Rp1,2 triliun.

"Ini akan terus berlanjut hingga akhir tahun ini, mudah-mudahan segera dalam kontrol yang baik oleh semua pihak termasuk Pemerintah," kata Direktur Bisnis Mikro Bank Rakyat Indonesia (BRI) Supari, dalam BRI sharing session bersama Liputan6.com, Rabu (5/8).

Selain penyelamatan dalam bentuk restrukturisasi dan kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya, BRI dengan program subsidi bunga bertujuan untuk membantu para pelaku UMKM agar bertahan dan selamat menghadapi krisis pandemi yang belum pasti kapan berakhirnya.

Subsidi bunga sangat bermanfaat bagi pelaku usaha UMKM, untuk memperpanjang napas UMKM yang sudah tidak punya tabungan, atau usahanya jatuh hingga 30 persen, serta modal kerja yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

"Maka dengan subsidi bunga sesungguhnya akan menambah daya tahan para pelaku usaha UMKM," katanya.

Selain itu, penyerapan kredit memang bergantung pada permintaan atau demand yang ada dibutuhkan oleh nasabah UMKM BRI. Awalnya permintaan kredit masih rendah sebelum pandemi, baik di pedesaan maupun perkotaan. Namun setelah pandemi untuk wilayah perkotaan saja menjadi 94 persen yang asalnya di bawah 12 persen.

"Memang di kota-kota besar baru bangkit permintaannya itu bulan Juli kemarin, seperti Jakarta Tangerang, Bogor itu masih di bawah 12 persen, sekarang sudah 94 persen artinya seluruh Nusantara permintaan kredit sudah mulai tinggi kembali. Mungkin sudah hampir 60 triliun KUR BRI tersalurkan dengan baik," ujarnya.

Baca Selanjutnya: Pendorong Peningkatan Kredit...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami