BRI Borong 14 Penghargaan dalam Ajang ESG Awards 2020

BRI Borong 14 Penghargaan dalam Ajang ESG Awards 2020
Direktur Utama BRI Sunarso. ©2020 Merdeka.com
UANG | 18 November 2020 20:57 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo

Merdeka.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, dinobatkan sebagai perusahaan dengan Keterbukaan ESG Emiten Sektor Perbankan Terbaik pada ajang ESG Awards 2020 yang diselenggarakan oleh Majalah Investor – Berita Satu Media bekerja sama dengan Bumi Global Karbon Foundation pada Selasa (17/11). Penghargaan tersebut merupakan apresiasi atas komitmen dan aksi nyata perseroan dalam penerapan prinsip ESG (Environmental, Social, dan Governance).

Dalam ajang tersebut BRI memborong 14 penghargaan, diantaranya Keterbukaan ESG Emiten Sektor Perbankan Terbaik, Keterbukaan Environmental Emiten Sektor Perbankan Terbaik, Keterbukaan Social Emiten Sektor Perbankan Terbaik, Keterbukaan Governance Emiten Sektor Perbankan Terbaik, Keterbukaan ESG Bank Kategori Buku IV Terbaik, Keterbukaan Environmental Bank Kategori Buku IV Terbaik, Keterbukaan Social Bank Kategori Buku IV Terbaik dan Keterbukaan Governance Bank Kategori Buku IV Terbaik.

Selain itu, BRI juga dinobatkan sebagai Keterbukaan Governance BUMN Terbaik, Keterbukaan ESG Bank BUMN Terbaik, Keterbukaan Environmental Bank BUMN Terbaik, Keterbukaan Social Bank BUMN Terbaik, Keterbukaan Governance Bank BUMN Terbaik dan Emiten LQ45-ESG.

Direktur Utama BRI, Sunarso, menyatakan penghargaan ini merupakan apresiasi atas kinerja unggul perseroan dalam penerapan prinsip ESG dalam aktivitas bisnisnya. "Hal ini tentu menjadi motivasi bagi BRI untuk terus melanjutkan pertumbuhan yang sustainable dalam jangka panjang dan tetap berperan dalam penggerak pertumbuhan ekonomi di Indonesia di masa depan," ujar Sunarso.

Komitmen BRI dalam implementasi ESG juga telah mendapat pengakuan dari dunia internasional. Pengakuan tersebut terlihat dari peringkat atau skor penilaian implementasi ESG BRI dari lembaga pemeringkat internasional. MSCI ESG Ratings memberikan nilai penerapan ESG BRI para rating A (skor meningkat dari 5,2 pada Desember 2020 menjadi 5,3) dengan nilai terbesar pada pilar social yang sejalan dengan tujuan BRI untuk meningkatkan portofolio kredit mikro sampai dengan 40 persen pada tahun 2022 serta termasuk pembiayaan terhadap kegiatan usaha yang sesuai prinsip keberlanjutan.

Lembaga rating lainnya yaitu Refinitiv menilai kinerja ESG BRI di level 80 dengan skor pilar governance mencapai 84,6, pilar ini menunjukkan bahwa BRI telah menerapkan tata kelola yang konsisten, peningkatan keterbukaan dan pelaporan kepada stakeholder. Rating tersebut menempatkan BRI sebagai salah satu bank dengan kinerja ESG yang unggul secara global sehingga penerapan prinsip ESG diharapkan menjadi nilai lebih bagi BRI dan cerminan bahwa BRI memiliki kinerja fundamental yang unggul dengan potensi pertumbuhan yang berkelanjutan dalam jangka panjang.

BRI juga merupakan bank pertama di Indonesia yang dinobatkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai best of the best dalam Sustainable Finance Award (SFA) karena melakukan inisiatif keuangan keberlanjutan melalui pembiayaan untuk aset ramah lingkungan, penerbitan sustainability bond pertama di Indonesia pada 2019 dalam rangka penguatan liabilities BRI, dan inisiatif di bidang operasional juga sumber daya manusia. (mdk/bim)

Baca juga:
Bos BRI Sebut Perbankan Fokus Selamatkan UMKM Selama Pandemi
Bos BRI Optimistis Pertumbuhan Kredit 2020 Capai Target 5 Persen
Survei BRI: Pelaku UMKM Mulai Tunjukan Perbaikan Kinerja dan Masuki Masa Pemulihan
BRI Salurkan Kredit per Kuartal III 2020 Rp935,35 T, Catatkan Sejarah di Sektor UMKM
Triwulan III 2020, BRI Raup Laba Bersih Rp14,15 Triliun
Strategi BRI Life Bertahan di Tengah Pandemi
Polda Riau Ringkus Perampok Bank BRI di Bengkalis

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami