BUMN Disarankan Gandeng UMKM Redam Dampak Corona

BUMN Disarankan Gandeng UMKM Redam Dampak Corona
UANG | 1 Juni 2020 21:00 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Ekonom Senior Universitas Indonesia, Faisal Basri, menyarankan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bekerja sama dengan Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) untuk bersama-sama meredam dampak pandemi Virus Corona. Kerja sama tersebut nantinya akan menguntungkan dua pihak.

"UMKM ini ada masalah cashflow, ada masalah pemasaran, dan ada masalah bahan baku. Semuanya berbeda-beda. Jadi setiap sektor berbeda-beda," ujar Faisal dalam diskusi online, Jakarta, Senin (1/6).

Faisal mengatakan, beberapa yang dapat dilakukan oleh BUMN dan UMKM adalah kerja sama dalam bidang konveksi untuk menciptakan Alat Pelindung Diri (APD) dan masker yang kebutuhannya meningkat saat ini. Kemudian, BUMN Kesehatan juga bisa bekerja sama dengan petani.

"Ada yang bisa dibantu cepat misalnya ada BUMN bidang konveksi bisa bantu membuat masker, APD kemudian macam-macam. Petani bisa dilink-kan dengan farmasi untuk menghasilkan obat-obat herbal itu bisa cepat dilakukan," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Jokowi Minta BUMN dan Pemda Jadi Pembeli Produk UMKM Pasca Corona

bumn dan pemda jadi pembeli produk umkm pasca corona

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Badan Usaha Milik Negara dan Pemerintah daerah jadi penyangga dalam ekosistem Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) pada tahap awal pemulihan pandemi Covid-19. Menurutnya, konsolidasi usaha tersebut sangat penting untuk para pelaku UMKM.

"Misalnya BUMN atau BUMD menjadi off taker bagi hasil produksi para pelaku UMKM baik ini di bidang pertanian, perikanan kuliner sampai di industri rumah tangga," kata Jokowi saat rapat terbatas lanjutan Pembahasan Program Mitigasi Dampak Covid-19 Terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah melalui siaran teleconference di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (29/4).

Selain itu, realokasi anggaran Pemda harus diarahkan pada program stimulus ekonomi, salah satunya menyentuh sektor UMKM. "Ini saya harapkan nanti Mendagri bisa menyampaikan juga ke daerah mengenai ini sehingga kita harapkan umkm kita bisa bertahan di tengah pandemi covid ini," ungkap Jokowi.

Kemudian, Mantan Walikota Solo tersebut meminta agar menteri terkait memastikan para UMKM serta program khusus bagi usaha ultra mikro dan usaha mikro mendapatkan bantuan sosial. Khususnya yang terdampak pada wabah Covid-19.

"Kita harus memastikan mereka ini masuk sebagai bagian dari penerima bansos, baik itu PKH, paket sembako, bansos tunai, BLT desa maupun pembebasan pengurangan tarif listrik dan kartu pra kerja," jelasnya.

(mdk/bim)

Baca juga:
Banyak BUMN Mulai Sekarat Imbas Corona, Bantuan Modal Rp 155 T Dinilai Tak Sehat
Per 1 Juni, KAI Tolak Angkut 1.149 Calon Penumpang Kereta Luar Biasa
Pemerintah Gandeng BUMN Serap Ikan Tangkapan Nelayan dan Budidaya
672 Ton Daging Kerbau Impor Sudah Masuk Indonesia
PT Bahana Siapkan Protokol Kesehatan dan Skema Kenormalan Baru
Operasional Kereta Luar Biasa Diperpanjang Hingga 7 Juni 2020
Kembangkan Program Warung Tetangga, Kemenkop UKM Gandeng BUMN Pangan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agama Sejatinya Tidak Menyulitkan Umatnya - MERDEKA BICARA with Menteri Agama Fachrul Razi

5