BUMN: Hasil Lelang Gula PTPN II Rp12.500 per Kg, Proyek Tender Hanya 5.000 Ton

BUMN: Hasil Lelang Gula PTPN II Rp12.500 per Kg, Proyek Tender Hanya 5.000 Ton
Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga. ©2020 Humas BNPB
EKONOMI | 29 April 2020 18:44 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) angkat bicara soal kisruh harga gula yang naik di pasaran disebabkan oleh tender yang dilakukan PT Perkebunan Nusantara II (PTPN II). Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga, menyatakan hal tersebut cukup aneh dan mengada-ada.

Arya bilang, berdasarkan data Kementerian BUMN, PTPN II melakukan tender hanya sebanyak 5.000 ton, dengan hasil lelang Rp12.500 per kilogram (Kg). Dari kebutuhan nasional sebanyak 3 juta ton, jumlah tersebut dinilai kecil dan tidak berpengaruh.

"Masa 5.000 ton bisa pengaruhi 3 juta ton? Bahwa 5.000 ton itu bisa pengaruhi dan buat harga jadi Rp17.000, itu terlalu mengada-ada," ujar Arya dalam keterangannya, Rabu (29/4).

Arya menambahkan, pihak PTPN II sudah menyurati Kementerian BUMN dan Kementerian Perdagangan soal temuan harga lelang di atas HET yang sebesar Rp12.900 ini. PTPN meminta izin agar harga tersebut tidak dipenuhi.

"Kenapa mereka melakukan hal seperti ini? Kalau mereka tidak menyurati ke Kemendag dan KBUMN, kalau mereka mengembalikan ke harga HET nanti dikatakan bahwa PTPN menjual gulanya itu di bawah harga tender, nanti dibilang lagi kalau itu merugikan negara," ujar Arya.

Lebih lanjut, nantinya, Kementerian BUMN juga akan melakukan penelusuran adanya dugaan permainan terhadap pengaturan harga gula ini.

Sebelumnya, Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) melalui anak usahanya PTPN II memastikan mengikuti arahan Kementerian Perdagangan (Kemendag) dengan mengubah harga gula yang diputuskan lelang, sesuai yang telah ditetapkan Kementerian Perdagangan sebesar Rp12.500 per kilogram (kg). Adapun harga lelangnya ialah Rp12.900 per kg.

"Berdasarkan hal tersebut diputuskan pemenang lelang sesuai harga yang terbentuk sebesar Rp12.900/Kg. Namun sampai saat ini gula tersebut (5.000 Ton) belum diserahkan kepada pembeli," jelas Corporate Secretary Holding Perkebunan Nusantara PT PTPN III, Irwan Perangin-Angin dalam keterangannya, Selasa (28/4).

2 dari 2 halaman

Satgas Pangan Temukan PTPN II Jual Harga Gula Tinggi

temukan ptpn ii jual harga gula tinggi rev1

Mendag Agus Suparmanto mengatakan, Satgas Pangan telah memproses PT Perkebunan Nusantara (PTPN) II di Sumatera Utara karena menjual gula dengan harga lelang melebihi HET yaitu Rp12.900 per kilogram. Harga ini berpotensi menaikkan harga gula di tingkat konsumen, PTPN II pun diminta untuk mengevaluasi hasil lelangnya.

"Jangan ada oknum yang memanfaatkan kesempatan ini, itu tidak sehat. Untuk PTPN 2, jika tidak bisa diimbau baik-baik maka akan ditindak tegas. Hal ini sejalan dengan arahan Bapak Presiden Jokowi," tegasnya.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6

(mdk/bim)

Baca juga:
Mendag Agus Tak Akan Ubah Harga Eceran Tertinggi Gula Sebesar Rp12.500/Kg
Mendag Agus: Stok Gula Cukup, Tinggal Mengatur Distribusi
Kemendag Siap Tindak Tegas PTPN II Jika Tak Turunkan Harga Gula
Mendag Pastikan Pedagang Gula Nakal Saat Ramadan Bisa Dipidana
Mendag Agus Sebut Lelang Murah Bikin Harga Gula Naik
Harga Gula Melambung, Pemprov Jateng Gelar Operasi Pasar di Solo
IGN Kendal Gandeng Satgas Pangan Gelar Operasi Pasar Turunkan Harga Gula

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami