Butuh Uang untuk Bayar Kebutuhan Tak Terduga, Coba Tiru Tips Berikut

Butuh Uang untuk Bayar Kebutuhan Tak Terduga, Coba Tiru Tips Berikut
UANG | 19 April 2020 07:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Setiap orang pasti pernah berada di posisi terendah dan membutuhkan uang untuk membayar kebutuhan tak terduga. Apalagi disaat masa yang tidak pasti seperti adanya pandemi.

Banyak orang yang memilih untuk meminjam uang dari bank atau menggunakan kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Padahal, itu justru membuat beban finansial semakin bertambah.

Lalu, adakah pilihan yang lebih baik untuk pengeluaran tak terduga daripada menggunakan kartu kredit berbunga tinggi atau meminjam dari tabungan pensiun? Berikut beberapa opsi untuk dipertimbangkan sebelum membuat pilihan yang dapat membahayakan masa depan keuangan, seperti melansir laman Brownsvilleherald.

Pertama, jual barang-barang yang tidak digunakan. Jika Anda memiliki barang-barang yang tidak digunakan di rumah, kemungkinan ada seseorang di luar sana yang akan membayar tunai untuk itu. Jual secara online sehingga Anda tidak perlu repot menjajakan kepada orang-orang, cukup memasang barang dalam satu situs.

Kedua, carilah biaya berlangganan yang tidak penting agar bisa membebaskan lebih banyak uang bulanan. Pertimbangkan memotong tagihan internet atau negosiasi ulang dengan penyedia ponsel atau televisi berlangganan.

Ketiga, gunakan keahlian untuk melakukan pekerjaan sambilan berdasarkan kontrak atau menjual barang-barang buatan sendiri secara online. Bahkan menyediakan layanan di lingkungan seperti membersihkan halaman, perbaikan kecil, layanan penitipan atau mengasuh anak itu bisa menjadi penghasilan tambahan.

1 dari 1 halaman

Keempat, meminjam uang dari keluarga, atau teman dan keluarga yang mungkin bersedia membantu terutama untuk jangka pendek demi pengeluaran khusus. Tentukan dengan tepat berapa banyak yang Anda butuhkan untuk menutupi biaya, dan hanya meminta jumlah itu. Jika itu pinjaman, sepakati syarat pembayaran dan bunga.

Kelima, manfaatkan tunjangan atau pinjaman yang diberikan perusahaan. Hal itu bisa membantu mengurangi pengeluaran. Sehingga tidak perlu kehilangan uang secara mendadak.

Pinjaman ke kantor biasanya bisa dibayar kembali melalui pemotongan gaji, sehingga Anda tidak akan mengambil risiko kehilangan pembayaran dan merusak skor kredit jika meminjam dari bank.

Membayar dengan uang tunai atau menggunakan kartu kredit berbunga rendah adalah cara terbaik untuk menutupi pengeluaran yang tidak terduga, tetapi itu tidak selalu mungkin. Tantangannya adalah menemukan cara alternatif untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek tanpa mengorbankan keuangan jangka panjang.

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
Anda Kena PHK, Coba 3 Cara Jitu Atur Keuangan Agar Bisa Bertahan Saat Corona
Tips Jitu Atur Keuangan Agar Tak Jebol Selama Kerja dari Rumah
4 Tujuan Asuransi, Kenali Jenis dan Manfaatnya agar Tak Dirugikan
7 Cara Mengatur Keuangan di Tengah Pandemi Corona, Bikin Dompet Aman
9 Cara Menghasilkan Uang dari Internet, Mudah dan Menguntungkan
Ajarkan 5 Hal Ini Agar Anak Anda Pintar Mengatur Keuangan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami