Calon TKI ke Korea Selatan Masih Tinggi Meski Tengah Dilanda Virus Corona

Calon TKI ke Korea Selatan Masih Tinggi Meski Tengah Dilanda Virus Corona
UANG » MALANG | 4 Maret 2020 19:46 Reporter : Danny Adriadhi Utama

Merdeka.com - Provinsi Jawa Tengah menjadi urutan pertama paling banyak mengirim TKI (Tenaga Kerja Indonesia) ke Korea Selatan. Meski demikian, sampai saat ini tidak ada TKI yang bekerja di Korea minta untuk di pulangkan, meski wabah virus corona tengah melanda negeri tersebut.

"Peminatnya 24 ribu pendaftar dari berbagai daerah seperti Rembang, Yogyakarta, Kudus, Pemalang, Purworejo, Magelang," kata Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Jawa Tengah ABe Rahman, Rabu (4/3).

Dia mengungkapkan kuota pengiriman TKI dari Jateng tahun 2020 sebanyak 3.300 orang. Sehingga, dia mengklaim jumlah TKI yang diberangkatkan untuk tahun depan sedikit berkurang.

"Pendaftaran tahun ini menurun karena sektor perikanan di Korsel tidak merekrut hanya sektor manufaktur saja. Pendaftar tahun ini akan diberangkatkan untuk tahun depan," jelasnya.

Arus pemberangkatan TKI dari Jawa Tengah selama ini menduduki posisi pertama ketimbang daerah lainnya. "Arus pengiriman TKI dari sini malah tidak menurun. Karena Korea punya daya pikat, banyak tertarik kerja ke sana karena ingin dapat gaji tinggi," ungkapnya.

Baca Selanjutnya: Lakukan Tes Kesehatan...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami