Cara Beli Pertalite dan Solar di SPBU dengan MyPertamina

Cara Beli Pertalite dan Solar di SPBU dengan MyPertamina
MyPertamina. ©2021 Merdeka.com
EKONOMI | 28 Juni 2022 17:29 Reporter : Siti Nur Azzura

Merdeka.com - Masyarakat yang akan membeli bahan bakar minyak (BBM) subsidi berjenis solar dan pertalite diwajibkan untuk terdaftar di MyPertamina mulai 1 Juli 2022. Masyarakat yang ingin mendapatkan pertalite dan solar subsidi jenis ini harus terdaftar di sistem MyPertamina dengan link https://subsiditepat.mypertamina.id/.

Dikutip dari laman subsiditepat.mypertamina.id, konsumen yang berhak mendapatkan solar bersubsidi diatur sesuai Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak. Berikut adalah daftar konsumen yang berhak beli solar subsidi.

Untuk membayar BBM subsidi melalui MyPertamina, masyarakat harus memiliki aplikasi MyPertamina. Selain itu, masyarakat harus menghubungkan MyPertamina dengan LinkAja untuk pengisian saldo.

Untuk itu, masyarakat juga harus mendownload aplikasi LinkAja melalui Playstore atau Appstore. Dalam aplikasi LinkAja terdapat fitur pengisian saldo yang terhubung dengan berbagai bank.

Jika aplikasi MyPertamina dan LinkAja sudah terhubung, maka masyarakat hanya perlu mengisi saldo ke LinkAja, dan saldo secara otomatis muncul di aplikasi MyPertamina.

Cara pengisian BBM-nya pun masih sama. Masyarakat hanya perlu mengantre di SPBU untuk pengisian BBM. Setelah itu, pembeli tinggal menyebutkan nominal harga atau liter untuk membeli BBM.

"Meski dengan MyPertamina, cara belinya juga masih sama, pembeli mengantre saat beli BBM di SPBU, lalu sebutkan nominal harga atau liternya," kata Riva kepada Merdeka.com.

Jika kendaraan sudah terisi, selanjutnya pembayaran yang biasanya memakai uang tunai diganti dengan membayar lewat aplikasi. Pembeli harus membuka aplikasi MyPertamina dan mengklik fitur 'Bayar' yang berada di kanan atas.

Nantinya, akan muncul layar untuk 'Scan Barcode' dan pembeli bisa memindai barcode yang disediakan petugas SPBU. Tunggu beberapa saat sampai transaksi berhasil dan bukti pembayaran di print melalui mesin dari petugas SPBU. (mdk/azz)

Baca juga:
INFOGRAFIS: Cara Baru Beli Pertalite di SPBU
Kriteria Mobil dan Motor Dilarang Isi Pertalite, Tak Bisa Daftar di MyPertamina
Main HP Dilarang di SPBU, tapi Beli Pertalite Harus Pakai Aplikasi MyPertamina
Lengkap, Ini Daftar 11 Kota Kabupaten Uji Coba Beli Pertalite Pakai MyPertamina
Catat, Kriteria Konsumen yang Bisa Membeli Solar Subsidi di MyPertamina
Simak, Ini Link untuk Mendaftar Beli Pertalite di Bandung dan Tasikmalaya
DPR Soal MyPertamina jadi Syarat Beli Pertalite: Pikirkan Rakyat Tak Punya Android

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini