Cara Smesco Bantu UMKM Bertahan di Tengah Pandemi

Cara Smesco Bantu UMKM Bertahan di Tengah Pandemi
UMKM. ©2020 Merdeka.com
UANG | 23 Februari 2021 20:00 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Direktur Utama Smesco, Leonard Theosabrata mengatakan selama pandemi Covid-19, pihaknya selalu aktif mengedukasi pelaku Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM) agar bisa bertahan dan bangkit dalam menjalankan usahanya. Setidaknya lebih dari 200 webinar dilakukan dengan berbagai tema dan disiarkan langsung melalui akun Youtube SMESCO.

"Sejak awal pandemi, kita giat memberikan edukasi buat UMKM lewat Youtube. Sampai sekarang ada 200 webinar, dengan berbagai macam tema," kata Leonard dalam Virtual Press Conference UKM maju bersama Crowdo, Jakarta, Selasa (23/2).

Selain itu, Smesco juga membuat program e-brosur untuk produk para pelaku UMKM. Katalog digital tersebut disebarluaskan Smesco ke berbagai instansi mulai dari komunitas, pemda hingga kementerian/lembaga sebagai cara mencari pasar.

"Kita dorong program e-brosur dan kita bagikan ke komunitas, pemda dan sebagainya, biar mereka punya digital catalog," kata dia.

Setali tiga uang, cara ini juga dimanfaatkan Smesco untuk membantu pemerintah dalam mendata pelaku UMKM yang ada di Indonesia. "Data UMKM ini bisa kita dapatkan dengan memberikan tools," kata dia.

Sehingga dari data tersebut pemerintah bisa membuat program atau kebijakan berdasarkan data terkini. "Ini mimpi besar supaya UMKM kita bergerak dari informal ke formal," kata dia mengakhiri. (mdk/idr)

Baca juga:
Perusahaan Fintech Crowdo Target Salurkan Pembiayaan Rp1,2 Triliun di 2021
Menkop Teten Beberkan Tiga Kendala dalam Menggenjot Ekspor UMKM
Dorong Kepemilikan Satu Data, Pemerintah Target Lakukan Sensus UMKM di 2022
Menkop Teten Dorong Kemitraan agar UMKM Cepat Naik Kelas
Atasi Krisis Keuangan, Kagama Bahas Legalitas Pembiayaan UMKM dan Start Up
Menteri Teten Dorong Pemda Aktif Daftarkan Izin Usaha UMKM

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami