Carmelita Hartoto Pemegang Sah Merek INSA

Carmelita Hartoto Pemegang Sah Merek INSA
Pelabuhan. ©2013 Merdeka.com/arie basuki
EKONOMI | 8 Oktober 2019 10:18 Reporter : Idris Rusadi Putra

Merdeka.com - Kuasa Hukum Yayasan INSA Manunggal, Alfin Sulaiman menyambut positif putusan Majelis Hakim Pengadilan Niaga Pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang menolak gugatan Merek INSA yang diajukan oleh Perkumpulan INSA Johnson kepada Yayasan INSA Manunggal.

Putusan ini menegaskan bahwa sudah tidak ada lagi dualisme kepemimpinan dalam tubuh Organisasi INSA. Hal ini sebagaimana pembacaan putusan yang telah dibacakan pada tanggal 27 September 2019.

Dalam salah satu pertimbangan majelis bahwa dalil itikad baik yang didalilkan penggugat tidak terbukti, dikarenakan pendaftaran merek Indonesian National Shipowner's Association oleh Yayasan INSA Manunggal adalah sesuai amanah Anggaran Rumah Tangga Indonesian National Shipowner's Association (INSA). Soal sengketa di dalam tubuh organisasi INSA sendiri sudah diputuskan dalam beberapa putusan yang telah berkekuatan hukum tetap.

"Dan klien kami lainnya yaitu Organisasi INSA yang diketuai oleh Ibu Carmelita Hartoto adalah pemegang sah atas merek INSA berdasarkan Perjanjian yang diberikan oleh Yayasan INSA Manunggal," kata Alfin dikutip keterangannya di Jakarta.

Sebelumnya Perkumpulan INSA yang diketuai oleh Johnson Williang Sutjipto telah mengajukan gugatan pembatalan merek INSA kepada Yayasan INSA Manunggal di Pengadilan Niaga yang teregister dalam perkara Nomor 22/Pdt.Sus/Merek/2019/PN.Niaga.Jkt.Pst, di mana sebelumnya Yayasan INSA Manunggal telah mengajukan tuntutan pidana sehubungan dengan penggunaan logo INSA milik Yayasan. (mdk/idr)

Baca juga:
Pembatasan Merek Dinilai Akan Bikin Pusing Pengusaha dan Konsumen
6 Nama Perusahaan Dunia Dijamin Bikin Gagal Paham, dari Kontool Sampai Entod
BCA, Go-Jek Hingga Indomie Masuk 50 Merek Paling Berharga di RI
Deretan Merek dengan Kampanye Terbaik 2019
Buron Dua Bulan, DPO Sengketa Merek Menyerahkan Diri ke Kejari Surabaya
Jokowi Minta IBu-ibu Mekaar Gunakan Merek Dagang

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami