Cegah Pencucian Uang, Kemenkeu Gandeng Dukcapil Saat Lelang Barang Milik Negara

UANG | 18 September 2019 20:37 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Kementerian Keuangan akan menggandeng Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) dalam pemakaian Kartu Tanda Kependudukan (KTP) untuk lelang. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari pencucian uang oleh peserta lelang.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata mengatakan, lelang pernah menjadi salah satu pengalokasian uang hasil KKN oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Oknum tersebut membeli barang melalui lelang Kemenkeu.

"Tahu tidak kalian bahwa lelang itu bisa menjadi sarana pencucian uang. Kalau kalian tahu, kalian gali kasus yang melibatkan salah satu lembaga tinggi kita," ujarnya di Kantor DJKN, Jakarta, Rabu (18/9).

"Itu kan dia ditengarai juga melakukan pencucian uang dengan cara membeli barang melalui lelang jadi barang nya waktu dicek ternyata dibeli melalui lelang," sambungnya.

Isa melanjutkan, melalui kasus tersebut, Kemenkeu ingin memperketat keikutsertaan setiap peserta lelang melalui identitas yang jelas dan lengkap. Sehingga ke depan, tak ada lagi pihak-pihak yang memanfaatkan lelang Kemenkeu untuk mengalokasikan uang hasil KKN.

"Jadi lelang itu termasuk ditengarai menjadi cara melakukan pencucian uang. Makanya penting untuk mengetahui siapa yang membeli barang di prosesnya. Nanti kita eksplorasi di kesempatan lain," paparnya.

Baca juga:
Ibu Kota Pindah, Gedung Kura-Kura DPR Bakal Disulap Jadi Tempat Konser
Kemenkeu Bakal Gandeng Bukalapak Lelang Barang Milik Negara
Jurus Menteri Sri Mulyani Dorong Perbaikan Tata Kelola Keuangan Daerah
Menkeu Sindir Pemda Lebih Suka Andalkan APBN Bangun Infrastruktur
Curhat Sri Mulyani Dibilang Zalim Gara-Gara Pajak dan Retribusi Daerah
Curhat Sri Mulyani Kerja Bareng DPR Jelang Masa Transisi: Ini Minggu Tergila

(mdk/azz)