Cegah Penularan Covid-19, BTN Transfer Langsung Uang Pensiun ke Rekening Nasabah

Cegah Penularan Covid-19, BTN Transfer Langsung Uang Pensiun ke Rekening Nasabah
UANG | 31 Maret 2020 18:03 Reporter : Idris Rusadi Putra

Merdeka.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mengimbau para nasabah, khususnya penerima manfaat dana pensiun untuk tidak melakukan pencairan dananya di outlet atau kantor layanan Bank BTN. Untuk itu, khusus pada bulan April 2020, Bank BTN akan segera mentransfer dana tersebut langsung ke rekening para penerima dana pensiun.

Langkah ini diambil perbankan pelat merah tersebut dalam rangka mendukung pencegahan penularan Corona Virus Disease atau Covid-19.

Bank BTN telah berkoordinasi dengan PT Taspen untuk memudahkan pembayaran pensiunan Taspen bulan April 2020 di mana seluruh uang pensiun langsung masuk ke rekening penerima pensiun tanpa ada blokir.

"Para peserta pensiunan juga tidak wajib melakukan otentikasi sehingga bagi mereka yang memiliki kartu ATM bisa langsung menarik dananya di ATM BTN atau ATM berlogo LINK dimana saja di seluruh Indonesia," kata Corporate Secretary Bank BTN, Ari Kurniaman dalam siaran persnya di Jakarta, Selasa (31/3).

Sebagai informasi, biasanya penarikan dana pensiun banyak dilakukan di outlet bank secara langsung karena mewajibkan otentifikasi data nasabah, namun pada bulan April Bank BTN dan PT Taspen turut mematuhi himbauan Pemerintah untuk melakukan physical distancing atau jaga jarak dan mengurangi terjadinya kerumunan di satu lokasi. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan layanan perbankan digital dan melakukan pengiriman dana langsung oleh Bank tanpa perlu proses otentifikasi.

"Langkah ini justru sangat memudahkan nasabah dan prosesnya lebih cepat karena para nasabah penerima dana pensiun tidak perlu keluar rumah, naik transportasi umum menuju ke outlet, cukup di rumah saja, atau datang ke ATM BTN atau ATM berlogo LINK terdekat, dana pensiun sudah langsung masuk ke rekening dan bisa diambil dengan mudah," kata Ari.

1 dari 1 halaman

Nasabah Tak Punya Debit BTN

punya debit btn rev1

Sementara yang belum memiliki kartu debit atau ATM BTN, dapat melakukan penarikan dana pensiun langsung di outlet Bank BTN. "Petugas kami juga siap melayani dengan protokol pelayanan yang sudah disiapkan," kata Ari menambahkan.

Nasabah peserta pensiunan juga dapat langsung mengecek dana tersebut lewat mobile banking atau internet banking Bank BTN. "Tanpa perlu keluar rumah, nasabah dapat mengakses layanan banking from home lewat aplikasi mobile banking, misalnya mengecek dana di rekening, mutasi rekening, membayar tagihan dan sebagainya," tambah Ari.

Saat ini ATM BTN berjumlah lebih dari 2.090 unit ditambah jaringan ATM Link yang mencapai 53.000 unit sehingga memudahkan akses penarikan dana oleh nasabah. Untuk informasi selengkapnya mengenai layanan di atas, nasabah dapat menghubungi contact center Bank BTN di 1500286. (mdk/idr)

Baca juga:
Buyback Saham, Bank BTN Siapkan Dana Rp275 Miliar
Cegah Penularan Covid-19, 70 Persen Pegawai BTN di Jakarta Kerja dari Rumah
Ari Kurniaman Ditunjuk Jadi Sekretaris Perusahaan BTN
Antisipasi Virus Corona, BTN Lakukan Layanan Terbatas dan Kerja dari Rumah
Meski Ada Virus Corona, BTN Optimis Raup Laba Rp3 Triliun Tahun Ini
Antisipasi Dampak Virus Corona, Bos BTN Ajak Pengembang Properti Perkuat Sinergi

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami