Cegah Resesi, Pemerintah Diminta Percepat Realisasi Belanja di Kuartal III-2020

Cegah Resesi, Pemerintah Diminta Percepat Realisasi Belanja di Kuartal III-2020
Andrinof Chaniago. ©2014 merdeka.com/arie basuki
UANG | 9 Agustus 2020 19:30 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Andrinof Chaniago mendorong pemerintah untuk mempercepat realisasi anggaran program pemulihan ekonomi (PEN) di kuartal III-2020. Dengan demikian, akselerasi pertumbuhan ekonomi di kuartal tersebut dapat kembali terdongkrak.

"Kuartal III mau tidak mau anggaran harus jalan kita akan gerakan ekonomi," kata dia dalam sebuah diskusi di Jakarta, Minggu (9/8).

Mengenai besaran pertumbuhan angkanya, dirinya tidak bisa memastikan. Hanya saja pertumbuhan kuartal III dapat lebih baik dari yang terjadi pada sebelumnya di kuartal II-2020.

"Soal angka besar kemungkinan tidak seperti kuartal II dan akhir tahun masih tanda tanya. Kalau liat ramalan-ramalan (akhir tahun) kita bisa minus juga nol. Ini kesiapan psikologi saja," katanya.

Dia menekankan tugas pemerintah sekarang saat ini adalah bagaimana caranya bisa menekan angka pengangguran dan kemiskinan. Untuk itu jaring pengamanan sosial harus menjadi prioritas terpenting.

"Lalu optimalkan peluang ekonomi tanpa berbenturan dengan covid. Jadi itu yang dimaksud dengan new normal protokol kesehatan jalan aktivitas ekonomi bisa dibuka ada ruang amannya," tandas dia.

Baca Selanjutnya: Sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani...

Halaman

(mdk/azz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami