Cegah Varian Baru Masuk, Hanya Bandara dan Pelabuhan ini Dibuka untuk Rute Asing

Cegah Varian Baru Masuk, Hanya Bandara dan Pelabuhan ini Dibuka untuk Rute Asing
Bandara Internasional Kuala Lumpur dipenuhi turis domestik. ©2021 AFP/Mohd Rasfan
EKONOMI | 20 September 2021 18:02 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, situasi pandemi covid-19 di Indonesia sudah terkendali. Namun untuk mencegah virus covid-19 varian MU dan Lamda ke Indonesia, pemerintah akan membatasi pintu masuk perjalanan internasional.

"Salah satu risiko berasal dari luar negeri terutama melihat kasus tingginya Covid-19 di negara-negara tetangga kita tidak juga ingin kecolongan luasnya varian baru seperti MU dan lamda masuk ke Indonesia," kata Menko Luhut dalam konferensi pers PPKM, Senin (20/9).

Oleh karena itu untuk mencegah varian covid-19 baru, pemerintah akan membatasi pintu masuk perjalanan internasional ke Indonesia dan memperketat proses karantina bagi warga negara asing maupun Indonesia yang datang dari luar negeri.

"Khusus untuk pintu masuk udara hanya dibuka di Jakarta dan Manado. Untuk laut hanya di Batam dan Tanjung pinang. Untuk jalur darat hanya dibuka di Aruk Entikong, Nunukan dan Montaain," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

cegah varian baru masuk, hanya bandara dan pelabuhan ini dibuka untuk rute asing

Pembatasan pintu masuk itu merupakan salah satu upaya belajar dari pengalaman yang lalu. Ketika varian Delta tak sempat dicegah masuk ke Indonesia.

"Ini kita belajar dari peristiwa yang lalu di mana kita juga melakukan mungkin kesalahan kita tidak ingin mengulangi kesalahan itu lagi," imbuhnya.

Disamping itu, pemerintah juga menerapkan proses karantina secara ketat tanpa terkecuali kepada WNA maupun WNI yang datang dari luar negeri, dengan maksimal waktu karantina 8 hari dan melakukan PCR sebanyak 3 kali.

"Selain itu pemerintah meningkatkan kapasitas karantina dan testing terutama di pintu masuk darat, TNI dan Polri akan ditugaskan untuk melakukan peningkatan pengawasan di jalur jalur tikus baik darat maupun laut yang jumlahnya bisa beberapa ratus," pungkasnya.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6

(mdk/bim)

Baca juga:
PPKM Jawa-Bali Diperpanjang hingga 4 Oktober, Jokowi Minta Pintu Masuk RI Diperketat
PPKM Luar Jawa Bali Diperpanjang Sampai 4 Oktober
PPKM Diperpanjang 2 Pekan, Wilayah Jawa-Bali Tak Ada Level 4
Pemerintah Mulai Bolehkan Anak di Bawah 12 Tahun Masuk Mal, ini Syaratnya
Rombongan Wali Kota Malang Terobos Pantai yang Masih Ditutup, Sekda Minta Maaf
Pakar Kesehatan Minta Wilayah PPKM Level 1 dan 2 Tetap Batasi Aktivitas
Penumpang KRL Meningkat pada 13-17 September 2021

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami