Cek Besaran Gaji Youtuber Pemula, Begini Cara Hitungnya

Cek Besaran Gaji Youtuber Pemula, Begini Cara Hitungnya
YouTube. ©2016 Merdeka.com
EKONOMI | 26 Januari 2022 07:30 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Banyak masyarakat Indonesia kini tengah berbondong-bondong meraup cuan dari YouTube. Platform ini menjadi salah satu jalan mengubah nasib. Ketekunan dan konten yang menarik menjadi kunci sukses menghasilkan pundi-pundi rupiah dari platform ini.

Semua orang tentunya menginginkan uang yang banyak. YouTube menjadi salah satu jalan keluar. Tetapi benarkah gaji youtuber, sebutan pelaku konten kreator YouTube, sangat besar? Merdeka.com kali ini membahas berapa penghasilan youtuber dan cara mendapatkannya.

Besaran Gaji YouTube Pemula

Penghasilan YouTube sangat tergantung pada jumlah klik iklan yang muncul, lokasi negara, topik yang dibahas serta harga iklan yang tayang. Hal ini yang membuat gaji youtuber berbeda-beda karena ada banyak hal mempengaruhi.

Rata-rata gaji youtuber pemula bisa mencapai USD 18 atau sekitar Rp245.000 untuk 1.000 tayangan video. Nominal tersebut tentu bukan angka pasti, sebab setiap YouTuber memiliki penghasilan yang berbeda.

Perhitungan gaji youtuber menggunakan rumus Revenue per Impression (RPM) dan cost per click (CPC). RPM adalah pendapatan uang yang akan didapat setiap 1.000 penayangan iklan yang muncul di video YouTube tersebut. Nominal RPM yang akan diterima youtuber yaitu Rp7.000 per tayangan iklan.

Kemudian, CPC ini akan diperoleh dari orang yang klik tayangan iklan yang muncul dalam video tersebut. Nominal CPC untuk satu kali klik yaitu Rp5.000 hingga Rp12.000.

Untuk lebih memahami, misalkan seorang youtuber memiliki video yang ditonton 3.000 orang. Bisa diasumsikan sekitar 200 orang menonton iklan hingga selesai. Maka gaji youtuber tersebut adalah Rp7.000x200= Rp1.400.000.

Angka tersebut bukan angka akhir. Sebab kemudian akan dibagi antara youtuber dan pengiklan yang sistemnya diatur oleh manajemen Youtube. Selain RPM, kebijakan penghitungan gaji Youtuber juga bisa berasal dari kerja sama, endorsement, atau iklan dari suatu produk yang kebijakannya tergantung pemilik channel.

2 dari 2 halaman

Cara Mendapat Gaji dari Youtube

Untuk mendapatkan gaji dari YouTube, ada yang disebut adsense atau sistem periklanan. Adsense (Ads) ini sebenarnya sama saja dengan google Adsense, sebab YouTube merupakan produk yang dimiliki google.

Agar bisa menikmati Google Ads, seorang creator harus memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh Google. Adapun syarat-syaratnya adalah akun harus sudah diverifikasi oleh Google. Kemudian, memiliki minimal 1000 subscriber atau pengikut. Lalu tidak melakukan spamming serta mempunyai 4000 jam tayang dalam satu tahun terakhir.

Konten kreator yang memenuhi syarat tersebut wajib mendaftarkan akun/channel ke YouTube adsense. Nantinya kreator dipandu oleh YouTube melalui YouTube studio. Adapun jalurnya adalah sebagai berikut:

1. Buka situs resmi YouTube

2. Login menggunakan akun YouTube yang akan didaftarkan ke program Google Ads

3. Buka YouTube Studio

4. Pilih menu Monetisasi

5. Isi seluruh data yang dibutuhkan

6. Kirimkan formulir adsense yang telah diisi

7. Tunggu hasil persetujuan YouTube. (mdk/idr)

Baca juga:
Channel Youtube Lucu Indonesia yang Gokil dan Menghibur, Bikin Ngakak
Jadi Kaya Berkat Youtube, Miliarder Muda Ini Niat Jadi Gubernur AS
YouTuber Ini Buat Permainan Squid Game Tawarkan Hadiah Rp 6,5 Miliar
Muncul Video Baru Kamp Tahanan Uighur di Xinjiang, Keselamatan YouTuber Dikhawatirkan
YouTuber Rwanda Divonis 7 Tahun Penjara karena Kritik Pemerintah

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami