Cek gudang Hypermart, Mendag pastikan penjualan ritel tak alami gangguan daya beli

UANG » MAKASSAR | 19 September 2017 19:18 Reporter : Desi Aditia Ningrum

Merdeka.com - Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita melakukan kunjungan ke sentra distribusi Lippo Group Logistic Center, di Balaraja, Banten, Selasa (19/9). Lippo Group Logistic Center melayani distribusi barang untuk PT Matahari Departement Store Tbk (LPPF), PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) yang memiliki Hypermart, SmartClub, Foodmart dan Boston BCH.

Mendag Enggar mengatakan, tujuan dari kunjungannya itu ingin melihat langsung perputaran barang-barang dan penjualan dari anak usaha Lippo Grup ini.

"Jadi kunjungan ke distribusi center dari Hypermart ini tadi saya dapatkan penjelasannya bagaimana perputarannya, bagaimana dengan penjualannya, saya ingin dapatkan informasi langsung mengenai volume penjualan dan perputaran (barang)," kata Mendag Enggar, di Balaraja, Selasa (19/9).

Dia menegaskan, setelah mendapat informasi langsung mengenai penjualan sama sekali tidak terganggu. "Bahkan kalau kita lihat dari grafik yang ada itu meningkat," jelasnya.

Dia mengatakan, peranan dari sentra distribusi ini untuk meningkatkan efisiensi barang. Mendag menegaskan dari sisi volume penjualan mengalami peningkatan sehingga toko ritel tidak terganggu.

"Kemudian peranan dari distribusi centre ini untuk meningkatkan efisensinya, jadi dari sisi volume penjualan itu terjadi peningkatan, itu ritel tidak terganggu," tegas Enggar.

Sementara itu, Presiden Dirktur PT Matahari Putra Prima Tbk, Benjamin Maiool menuturkan, sentral distribusi ini memiliki peranan penting untuk mendukung perekonomian nasional. Menurutnya, barang-barang di sentra distribusi dikumpulkan dari para produsen dan suplier.

"Barang-barang ini juga bukan kita produksi sendiri tapi barang yang kita kumpulkan dari produsen-produsen, dan suplaier," kata Benjamin.

Dia mengatakan, tantangan dari sentra distribusi barang ini supaya mata rantai dapat diperpendek seefisen mungkin. "Sehingga harga di satu tempat dengan tempat lain ini bisa comperable dan kompetitif dan ini kuncimya adalah sentra distribusi yang efektif dan efisen," ucap Benjamin.

Leboh lanjut, dia menambahkan, saat ini baru ada tiga distribusi center yaitu Balaraja, Cibitung dan Surabaya. Namun, nanti akan dibangun di Makassar sehingga pendistribusian barang akan lebih cepat dan efisien. (mdk/sau)

Konsumsi listrik pusat perbelanjaan turun, termasuk Glodok dan Senayan City

Dua gerai Matahari ditutup, ini kata Mendag Enggar

Daya beli masyarakat disebut menurun, ini pembelaan Sri Mulyani

Ritel tumbuh lima persen jadi bukti daya beli masyarakat RI mulai naik

BI: Daya beli masyarakat membaik, indikatornya penjualan sepeda motor naik

Sri Mulyani: Di AS mal tutup karena orang lebih suka belanja online

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.