CEO Facebook diprediksi jadi orang terkaya kedua di AS

CEO Facebook diprediksi jadi orang terkaya kedua di AS
Mark Zuckerberg. merdeka.com/tumundoescolar.net
EKONOMI | 18 Mei 2012 21:30 Reporter : Sri Wiyanti

Merdeka.com - Terlepas dari adanya sebagian kelompok yang menentang eksistensi Facebook di Amerika Serikat, debut perdana saham Facebook diperkirakan meledak di hari pertama perdagangannya.

Bahkan, CEO Facebook Mark Zuckerberg diprediksi bakal menjadi orang terkaya nomor dua di Amerika setelah Bill Gates. Saat ini posisi kedua ditempati oleh Warren Buffet.

Jika Facebook mengalami hal serupa yang dialami oleh LinkedIn di mana sahamnya melonjak hingga 109 persen saat memulai debut perdana di lantai bursa saham pada Mei 2011, maka kekayaan Zuckerberg akan meroket menjadi USD 40 miliar.

Menurut Forbes seperti dilansir nypost.com, total kekayaan tersebut akan menggeser Buffet dari posisinya sekarang dengan total kekayaan sebesar USD 39 miliar juga Larry Ellison di urutan 3 dengan USD 35 miliar. Bill Gates berada di puncak daftar orang terkaya di Amerika versi Forbes dengan total kekayaan mencapai sekitar USD 59 miliar.

Dengan nilai Facebook yang diperkirakan mencapai lebih dari USD 100 miliar ditambah perdagangan saham perdana yang dibuka senilai USD 38 per lembar, Zuckerberg akan meraup sekitar USD 16 miliar dari IPO tersebut. Jika berhasil, IPO Facebook akan tercatat sebagai IPO ketiga terbesar dalam sejarah bursa Amerika setelah Visa dan General Motors.

(mdk/oer)

TOPIK TERKAIT

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami