Cerita Alumni Kartu Prakerja Pilih Jadi Youtuber Otomotif Kembangkan Aset Digital

Cerita Alumni Kartu Prakerja Pilih Jadi Youtuber Otomotif Kembangkan Aset Digital
Burhan Youtuber Otomotif Asal Aceh. ©2021 Merdeka.com/Tira Santia
EKONOMI | 18 Oktober 2021 09:42 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Burhan adalah alumni Kartu Prakerja gelombang ke-4 yang berasal dari Banda Aceh. Sebelumnya, Burhan bekerja sebagai karyawan swasta di perusahaan bidang otomotif. Kemudian, dia memutuskan keluar untuk memulai usaha barunya. Namun, pandemi membuat usaha yang baru ia mulai tersendat.

"Kemudian di bulan Januari hingga Februari 2020 saya mulai mempersiapkan segala rencana saya, namun di bulan Maret di 2020 covid-19 melanda Indonesia. Sehingga saya otomatis lebih banyak beraktivitas di rumah. Akibat covid-19, rencana saya untuk berwiraswasta menjadi tertunda," kata Burhan dikutip dari akun instagram @prakerja.go.id, Senin (18/10).

Selama pandemi covid-19 berlangsung pada Maret 2020, tabungan yang Burhan persiapkan untuk berwirausaha malah digunakan habiskan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, sebab dia banyak beraktivitas di rumah.

Selanjutnya, untuk mengisi kekosongan, dia mencoba mencari kegiatan lain dan mencoba mendaftar program Pemerintah Kartu Prakerja. Burhan memutuskan ikut tes dan akhirnya lolos sebagai peserta Kartu Prakerja gelombang ke-4.

"Setelah saya diterima kartu prakerja gelombang ke-4, saya mulai melihat-lihat dashboard kartu prakerja saya. Dan saya melihat sudah ada insentif yang masuk dari Pemerintah. Saya melihat lembaga pelatihan yang tersedia yang kira-kira sesuai dengan minat dan rencana saya kedepan," ujarnya.

Lelaki 43 tahun itu mengikuti pelatihan 2 Jam Pahami Digital Marketing untuk Memulai Bisnis, Kiat Belajar Membuat Iklan di Facebook dan Menjadi Youtuber Bersama Gita Savitri dari Skill Academy. Selain itu, Burhan juga mengambil pelatihan Bagaimana Melakukan Riset Pasar untuk Bisnis dari Excellence Asia.

Berbekal dari pelatihan-pelatihan tersebut, dia mendapatkan ilmu baru yaitu langkah melakukan self branding untuk memulai karir sebagai Youtuber yang membahas seputar otomotif.

"Dari 4 pelatihan yang saya ambil ada satu yang menarik buat saya yaitu menghasilkan uang melalui Youtube bersama Gita Savitri. Ada hal menarik yang saya pelajari, dimana seorang pemula bisa menjadi youtuber, dan membangun brand di masyarakat, bagaimana membangun channel youtube sehingga seseorang biasa saja bisa menjadi Youtuber profesional," ujarnya.

Menurutnya, menjadi Youtuber merupakan pilihan yang menarik untuk dicoba. Berbekal ilmu dan pengetahuan yang diperoleh dari pelatihan tersebut, dia berencana untuk membangun channel youtube ke depan karena setara dengan membangun aset digital.

"Rencana saya dengan adanya channel Youtube ini bisa berkembang dan bisa membantu perekonomian keluarga saya. Channel youtube yang sedang saya bangun itu mengenai otomotif. Saya memilih otomotif karena sesuai dengan ide dan hobi saya serta sesuai dengan latar belakang pendidikan," kata Burhan.

Insentif Prakerja yang dia terima Rp 600.000 setiap bulan selama 3 bulan, digunakan untuk mengembangkan channel youtube nya, terutama untuk membeli kuota Internet, dan juga untuk keperluan sehari-hari.

"Saya berharap channel youtube saya dapat diterima masyarakat dan banyak subscriber nya karena berisi materi dan ide yang bermanfaat bagi pemilik kendaraan. Saya mengajak semua orang bergabung di prakerja, menurut saya ini adalah program pemerintah yang cukup baik, bisa dipelajari dimana saja sepanjang kita mau belajar saya kira peluang itu akan ada," pungkasnya.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
Ikut Kartu Prakerja, Omzet Pengusaha Keripik Naik dari Rp4 Juta Jadi Rp30 Juta/Bulan
Insentif Kartu Prakerja Tak Cair Meski Sudah Pelatihan, Ini Penyebab dan Solusinya
Sepertiga Penerima Program Kartu Prakerja Tak Lagi Menganggur
Program Kartu Prakerja Berlanjut Hingga 2022
Kesulitan Cairkan Dana Insentif Kartu Prakerja, Ini Solusinya
PMO Kartu Prakerja Beberkan Empat Skills Utama yang Harus Dimiliki Calon Pemimpin

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami