Cerita Direktur BRI soal Pentingnya UMKM untuk Perusahaan dan Negara

Cerita Direktur BRI soal Pentingnya UMKM untuk Perusahaan dan Negara
UANG | 5 Agustus 2020 15:25 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk berkomitmen untuk terus mendorong pemulihan ekonomi melalui sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Sebab, UMKM selama ini merupakan nyawa BRI dalam menggerakkan perekonomian Indonesia.

"Mungkin masyarakat juga selalu mendapat informasi tentang BRI, sampai hari ini 78 persen dari portofolio kredit UMKM, 40 persen di antaranya usaha mikro. Jadi sesungguhnya nyawa BRI dan rohnya ada di sana," kata Direktur Bisnis Mikro Bank Rakyat Indonesia (BRI), Supari dalam BRI sharing session bersama Liputan6.com, Rabu (5/8).

Supari mengakui bahwa begitu pentingnya UMKM bagi BRI dan negara. Jika UMKM ada masalah, maka BRI juga bermasalah. UMKM-lah penggerak utama perekonomian negara ini. Setidaknya ada 3 hal penting yang dikontribusikan oleh UMKM ke negara.

Pertama, penanggulangan kemiskinan. Supari menjelaskan, UMKM memegang peran penting khususnya terkait penyerapan tenaga kerja.

"Kalau sekarang hampir 62 juta UMKM, penyerapan dari mikro saja kurang lebih 105 juta orang yang mencari nafkah di usaha mikro pada umumnya. Begitulah peran pada pengentasan kemiskinan," ujarnya.

Baca Selanjutnya: Selanjutnya...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami