Cerita Erick Thohir Rindu Indonesia Jadi Eksportir Gula Dunia

Cerita Erick Thohir Rindu Indonesia Jadi Eksportir Gula Dunia
Erick Thohir. istimewa ©2021
EKONOMI | 17 Agustus 2021 19:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat defisit APBN hingga semester I-2021 mencapai Rp283,2 triliun. Nilai tersebut setara dengan 1,72 persen dari produk domestik bruto (PDB).

Menteri BUMN, Erick Thohir menyayangkan catatan defisit APBN yang masih terus terjadi. Bahkan, dia mengaku rindu masa saat Indonesia dikenal sebagai salah satu negara eksportir barang konsumsi terkemuka di dunia, termasuk gula.

"Negara kita terus lagi defisit. Artinya kita harus meningkatkan ekspor kita, mengurangi impor kita kalau tidak mau negara kita sulit. Salah satunya, bagaimana gula ini jadi tulang punggung penting ke depan," ujar Erick Thohir dalam acara peluncuran brand Nusakita milik Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero), Selasa (17/8/).

Erick lantas mengutip arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengajak PTPN membangun citra bahwa Indonesia dalam 5-6 tahun ke depan bukan lagi jadi negara yang hobi impor gula konsumsi.

Pemerintah disebutnya telah menaruh perhatian besar agar Indonesia bisa swasembada gula konsumsi pada 2023 mendatang. Erick mengatakan, target tersebut telah didiskusikan oleh banyak menteri di jajaran Kabinet Indonesia Maju dalam rapat terbatas (ratas) beberapa waktu lalu.

"Roadmap-nya sudah kita paparkan, bagaimana swasembada gula konsumsi harus kita lakukan ke depan. Ini banyak tantangan dan pasti banyak yang tidak suka. Tetapi lillahi taala harus kita jalankan," kata Erick Thohir.

"Kita harus pastikan Indonesia seperti dulu lagi, jadi negara kekuatan gula. Tidak hanya menjadi market saja yang sangat menyulitkan untuk kita semua. Saya tidak anti impor, saya tidak anti swasta, tetapi rule of the game-nya harus sama-sama kita perbaiki," imbuhnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com (mdk/idr)

Baca juga:
Lead The Fest Bersama Menteri BUMN & Menkop UKM Eksklusif di Vidio.com
Bantu Nelayan, Erick Thohir Siap Hadirkan Pertashop di Surabaya
Erick Thohir Kenang Walidah Dahlan: Sosok Pencerah dan Penggerak Pendidikan
Menteri Erick Beri Bantuan Beasiswa Anak Pegawai BUMN Korban Covid-19
Usai Rombak Petinggi, ini Arahan Erick Thohir pada Garuda Indonesia
Jasindo Siapkan Asuransi untuk Pekerja Migran, Termasuk Perlindungan Covid-19

TOPIK TERKAIT

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami