Cerita Gitaris Slank Abdee Lelang Rambut Laku Hingga Ratusan Juta Rupiah

UANG | 10 Agustus 2019 17:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Bentuk penggalangan dana untuk bencana atau donasi bisa dilakukan dalam berbagai cara. Seperti yang dilakukan Gitaris Slank Abdee Negara atau Abdee Slank, yang melelang rambutnya seharga ratusan juta. Hasil lelang kemudian disumbangkan kepada tanah kelahirannya, Sulawesi Tengah, yang beberapa waktu lalu terkena bencana gempa bumi dan tsunami.

Bersama dengan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada (UGM), dia segera menginisiasi penggalangan dana pasca bencana bernama Pray for Palu.

"Saat gempa perhatian seluruh Indonesia itu mengarah ke Sulawesi Tengah. Saya sebagai seorang Sulawesi Tengah berpikir apa yang bisa kita lakukan. Dan orang yang paling pertama call saya itu pak (Menhub) Budi," ujar Abdee di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Sabtu (10/8).

Dia menyebutkan, sumbangan-sumbangan dalam bentuk konsumsi dan sebagainya sudah banyak berdatangan. Namun, dia menganggap kebanyakan orang sering luput terhadap bentuk bantuan terpenting pasca bencana, yakni menghidupkan kembali wilayah tersebut atau recovery.

"Akhirnya itu yang kita lakukan sekarang, pasca gempanya akan seperti apa. Justru itu yang lebih penting," tegas dia.

Abdee bersama Menhub Budi dan FT UGM kemudian berinisiasi menghimpun saluran dana dari berbagai kalangan. Tak hanya itu, mereka juga ikut menyalurkan bantuan dengan melelang barang kesayangan, yang hasil rupiahnya kemudian didonasikan.

"Jadi itu merelakan barang yang disuka. Kayak pak Budi, dia merelakan kacamatanya yang dia paling suka, tas jaketnya dilepas untuk dijual. Gitarnya yang paling dia suka dilepas untuk dijual. Dilelang untuk penggalangan dana," tuturnya.

"Saya sendiri misalnya, pak Budi potong rambut saya terus dilelang, laku terjual. (Laku) ratusan juta, alhamdulillah," pungkas Abdee Slank.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana
Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Terkumpul Donasi Rp 4 M, Program Pray for Palu Sasar Pembangunan Masjid dan SDIT
LSM Kemanusiaan Buatkan 12 Hunian dari Bambu untuk Korban Gempa Palu
PUPR Target Bangun 11 Ribu Hunian Tetap Untuk Korban Palu
Wiranto Minta Rehabilitasi dan Rekonstruksi Dampak Tsunami Palu Diselesaikan
Pemerintah Bangun Kawasan Hunian Tetap untuk Korban Gempa Sulteng
Sulawesi Tengah Diproyeksikan jadi Pusat Manufaktur di 2024
ADB Setujui Pinjaman Rp4,22 Triliun Pulihkan Sulteng Pasca Bencana

(mdk/bim)