Cerita kehebohan sambutan Raja Salman berujung kekecewaan Jokowi

UANG | 14 April 2017 07:00 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo, kemarin, menghadiri Haul Al-Marhumin Sesepuh dan Warga Pondok Buntet Pesantren 2017 untuk bersilaturahim dengan para ulama dan santri.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menceritakan hal-hal yang dibahas saat Sri Baginda Raja Salman mengunjungi Indonesia beberapa waktu lalu. Dia mengatakan pemerintah berupaya meningkatkan total investasi dari Arab Saudi untuk pembangunan di Indonesia.

Presiden Jokowi menyebut investasi yang diberikan Arab Saudi kepada Indonesia hanya Rp 89 triliun. Jumlah investasi itu lebih kecil bila dibandingkan dengan investasi Arab saudi yang ditanam di China sekitar Rp 870 triliun.

"Nanti setelah ini saya akan tindak lanjuti telpon kepada beliau, telepon kepada Pangeran Muhammad, putera dari Raja Salman, dan moga-moga Indonesia mendapatkan lebih dari yang diberikan kepada China," jelas Presiden Jokowi.

Sembari bercanda, Presiden Jokowi mengatakan bahwa dia sedikit kecewa atas hal ini. Padahal, dia sudah memayungi dan menyetiri Raja Salman sewaktu tiba di Istana Bogor.

"Itu yang saya sedikit, hanya sedikit, kecewa."

Momen menjemput Raja Salman saat hujan sempat diunggah akun Facebook Presiden Joko Widodo. Dalam foto tersebut terlihat dari peci sampai jas hingga celana Presiden Jokowi bahas kuyup. Padahal payung juga telah disiagakan oleh pasukan keamanan. Dalam keadaan basah-basahan Presiden Jokowi juga memegang lengan Raja Salman dan jalan bersama menuju ke dalam Istana Bogor.

"Hujan lebat menyambut Raja Salman bin Abdulaziz di Istana Bogor. Setiap tetes hujan adalah berkah dari Allah SWT. Semoga pertemuan ini menjadi berkah bagi Indonesia dan Arab Saudi," begitu tulisan dalam foto tersebut.

Pada kunjungan Maret lalu, kedatangan Raja Salman memang juga sudah membuat heboh masyarakat Indonesia. Sebab, Raja Salman dan kekayaan yang dimilikinya, membuat proses kunjungannya tidak biasa.

Apa saja kehebohan yang diakibatkan kedatangan Raja Salman Maret lalu? Silakan baca ke halaman berikutnya.

(mdk/bim)