Cerita Sukses Abeng, Penjual Sepatu Lukis Never Too Lavish Langganan Presiden Jokowi

Cerita Sukses Abeng, Penjual Sepatu Lukis Never Too Lavish Langganan Presiden Jokowi
Poster Mandiri Karnaval 2020. ©2020 Merdeka.com
UANG | 3 Oktober 2020 19:14 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Bernhard tak pernah bermimpi, orang nomor satu di Indonesia jadi salah satu pelanggan sepatu lukis buatannya. Tidak kurang 10 produk NTL (Never Too Lavish) telah dibeli Presiden Joko Widodo.

"Akhirnya Presiden Jokowi jadi langganan Gue. Sampai sekarang ada 10 karya yang dibeli," ungkap Bernhard dalam talkshow 22 Mandiri Karnaval Virtual di Vidio, Jakarta, Sabtu (3/10).

Dulu kata Abeng, panggilan Bernhard, menjual sepatu khusus seharga Rp 300.000 sangat sulit. Tidak sedikit orang menilai harga sepatu tersebut terlalu mahal. Padahal yang dijual Abeng saat itu bukan hanya sepatu, tetapi juga karya seni lukis yang bermedia sepatu.

Abeng sapaannya mengaku memulai bisnisnya sejak 2005. Awalnya dia melukis sendiri sepatu yang dijual sendiri dari kamarnya. Seiring bertambahnya pesanan, dia mulai menyulap garasi mobil di rumahnya sebagai studio lukis sepatu.

"Dulu cuma 2 orang, sekarang sudah 45 orang," kata dia.

Perlahan, sepatu lukisnya pun main dikenal banyak orang. Dia pun mengajak teman-temannya untuk ikut menekuni bisnis bersama. Kini, dia membuka toko di beberapa tempat untuk menjual karyanya tersebut.

"Sekarang teman main juga bisa kerja bareng, itu pencapaian karena dulu gue dipandang sebelah mata," ungkap Abeng.

Baca Selanjutnya: Sempat Diremehkan...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami