Cetak Wirausaha Baru, Kemenkop UKM Gelar Program Magang

Cetak Wirausaha Baru, Kemenkop UKM Gelar Program Magang
UANG | 28 September 2020 13:20 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) menyelenggarakan program magang untuk cetak wirausaha baru di kalangan pemuda dan pelajar yang mampu menggerakkan ekonomi masyarakat. program ini sebagai upaya untuk mengurangi jumlah pengangguran dan pengentasan kemiskinan sehingga tercipta peluang lapangan kerja.

"Program magang ini dilaksanakan untuk menumbuhkan wirausaha baru di kalangan pemuda dan pelajar," kata Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM Arif Rahman Hakim, dalam acara pembukaan peran serta dunia usaha dalam kegiatan magang bagi pemuda, di Bandung, Senin (28/9).

Arif menekankan, penumbuhan wirausaha baru tersebut memerlukan tahapan-tahapan proses yang tidak instan. Diperlukan adanya perubahan pola pikir generasi muda, peningkatan motivasi berwirausaha, minat, semangat, serta cara-cara memulai wirausaha.

"Proses perubahan ini dapat dilakukan melalui kegiatan konkret. Salah satunya melalui kegiatan magang bagi pemuda. Dalam kegiatan ini para pemuda akan ditempatkan dan belajar secara langsung pada pelaku usaha selama periode waktu tertentu," ujarnya.

Menurutnya, program magang ini untuk memberikan pengalaman dan menjembatani pemahaman para pemuda terhadap aktivitas dunia kerja dan dunia usaha dengan cara bekerja secara paruh waktu selama jangka waktu tertentu.

Selain itu, mereka juga akan mendapatkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan di bidang tertentu agar memiliki daya saing untuk menjadi pekerja profesional maupun wirausahawan di masa yang akan datang. "Program magang ini difokuskan untuk pelajar lulusan SMA/sederajat, mahasiswa, lulusan perguruan tinggi, dan masyarakat pelaku UKM yang berusia maksimal 40 tahun," jelas Arif.

Baca Selanjutnya: Tingginya Angka Pengangguran...

Halaman

(mdk/azz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami