Chile ingin tingkatkan ekspor buah dan sampanye ke Indonesia

UANG | 1 September 2015 11:39 Reporter : Mustiana Lestari

Merdeka.com - Chile adalah salah satu negara yang mulai menyasar pasar Indonesia sebagai tujuannya. Apalagi selama ini ekspor Chile ke Indonesia hanya mencapai 0,5 persen.

Oleh karena itu, sedapat mungkin negara yang mempunyai perkembangan ekonomi terbesar di Amerika Selatan ini, mencoba meningkatkan ekspor mereka, terutama di bidang produk makanan dan minuman.

"Peningkatan ekspor ini menyusul pengakuan dunia atas produk makanan dan minuman Chile yang berkualitas, aman dan jaminan internasional," jelas Duta Besar Chile untuk Indonesia, Eduardo Ruiz Asmussen di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, (1/9).

Upaya pertama adalah dengan mengundang para pebisnis, pemilik hotel, supermarket, distributor untuk mencicipi produk makanan dan minuman mereka, seperti buah, salmon dan sampanye.

Selama ini Chile telah sukses mengekspor produk mereka ke Amerika Serikat, China, Jepang dan lain-lain. Dengan total ekspor mencapai USD 16,2 M.

Sementara total ekspor ke Indonesia mencapai USD 211 juta. Dengan produk berupa ikan salmon Atlantik, anggur segar, minyak ikan, sampanye dan buah berri beku. (mdk/pan)

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.